Tak Miliki Dokter Spesialis Jantung, Ini Penjelasan Pejabat RSUD Painan

"Dokter spesialis jantung di rumah sakit ini telah lulus CPNS di rumah sakit lain"
RSUD M Zein Painan (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- RSUD M. Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan-Sumatera Barat saat ini tidak lagi memiliki memiliki dokter spesialis jantung.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medis RSUD. M. Zein Painan, Yentis mengakui, dokter spesialis jantung di rumah sakit ini telah lulus CPNS di rumah sakit lain, tahun lalu.

"Dokter spesialis jantung yang kami miliki sebelumnya lulus CPNS. Jadi untuk saat ini masih kosong," sebut Yentis kepada wartawan di Painan, Senin 11 Februari 2019.

Kesosongan dokter spesialis jantung di rumah sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) ini, mengakibatkan pasien tidak lagi mendapat pelayanan seperti biasanya. Salah satunya, dialami Topik (41) pasien jantung rawat jalan di rumah sakit ini.

Topik menyebut, saat ini ketika dia ingin berobat, dirinya diarahkan untuk berobat ke bagian penyakit dalam. Tidak tahu kodisinya, ini terjadi sejak Februari 2019 ini.

"Biasanya ada, tapi sekarang saat kami ingin berobat disarankan ke bagian penyakit dalam. Jadi membuat saya bingung," sebut Topik.

Menurut dia, kondisi ini tidak hanya dialaminya seorang. Sebab, pasien yang lain juga menyampaikan keluhan yang sama.

"Jadi kami bertanya, kok bisa rumah sakit rujukan di daerah ini. Tidak memiliki dokter spesialis jantung, padahal mesti ada," terangnya. 

[Kiki Julnasri]