Dua Bulan Jelang Pemilu, Dua Ribuan Kotak Suara Selesai Disortir

"untuk kebutuhan kotak suara di Limapuluh Kota adalah 6.423 kotak suara"
Logistik Pemilu di Limapuluh Kota. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Memasuki dua bulan jelang Pemilu 2019 yang jatuh pada 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota terus matangkan persiapan dan alat kelengkapan logistik TPS.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, Amfreizer kepada KLIKPOSITIF, Selasa 12 Februari 2019. Amfreizer mengatakan, untuk kebutuhan kotak suara di Limapuluh Kota adalah 6.423 kotak suara.

Saat ini, petugas di gudang logistik tengah melakukan tugasnya memeriksa alat kelengkapan logistik yang terletak di Kawasan Stadion GOR Singa Harau, Sarilamak. "Hasil pengecekan kemarin, sekitar 2 ribuan selesai disortir dan untuk kotak yang dirakit sudah mencapai seribuan," kata Amfreizer.

Menurutnya, laporan petugas logistik, dari dua ribuan yang telah selesai disortir dan seribuan yang dirakit, ada sekitar 76 kotak suara yang masuk dalam kategori rusak. Kemudian, untuk kelengkapan logistik lain seperti tali pengikat alat pemberi tanda pilihan, paku pencoblos dan bantalan atau alat coblos telah selesai.

"Kelengkapan lain yang sudah diperiksa di gudang logistik adalah tanda pengenal KPPS, Linmas, saksi presiden dan wakil presiden, saksi DPD, partai, karet pengikat surat suara, lem/perekat, kantong plastik pembungkus kotak suara, pena, segel plastik, psiau, spidol, stiker, segel logo KPU dan tinta telah selesai diperiksa," kata Amfreizer.

Untuk surat suara dikatakannya sudah selesai dicetak dan KPU akan segera monitoring ke percetakan yang terletak di Bogor pada Rabu 13 Februari 2019. Monitoring ini akan dilakukan bersama Bawaslu dan pihak keamanan dalam hal ini adalah pihak kepolisian.

"Sebelum dikirim kita akan melakukan pengecekan terlebih dahhulu, baik itu jumlah, kondisi dan kecocokan untuk surat suara daerah. Baru nantinya diperkirakan akan dikirim dari Bogor ke Kabupaten Limapuluh Kota pada Jumat 15 Februari 2019 mendatang," ujar Amfreizer.

[Ade ... Baca halaman selanjutnya