Meski Kondusif, Polres Payakumbuh Kerahkan Ratusan Personil dalam Operasi Mantap Brata

Kapolres Payakumbuh, AKBP Endrastiawan Setyowibowo
Kapolres Payakumbuh, AKBP Endrastiawan Setyowibowo (KLIKPOSITIF/ Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF Untuk memastikan keamanan di wilayah hukumnya tetap kondusif selama proses kampanye jelang Pemilu 2019 , Polres Kota Payakumbuh mengerahkan 2/3 dari total jumlah personilnya untuk melaksanakan operasi kepolisian terpusat Mantap Brata menjelang Pemilu 2019 .

“Kalau personil kita sekitar 470-an, jadi kita kerahkan 2/3 dari jumlah itu atau sekitar 313 personil,” kata Kapolres Payakumbuh , AKBP Endrastiawan Setyowibowo saat ditemui di ruangannya, Selasa 12 Februari 2019.

baca juga: Belajar Dari Pasar Raya Padang, Swab Tes Akan Dilakukan Terhadap Ratusan Pedagang Pasar Payakumbuh

Mantan Kepala Bagian Diklat di Pusdik Binmas Lemdiklat Polri ini menerangkan, selama berlangsungnya proses kampanye untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres) di Kota Payakumbuh , kondisi keamanan masyarakat cukup kondusif.

“Kita sudah ada SOP (Standar Operasional Prosedur) yang harus dijalani tentang bagaimana pola pengamanan kita selama operasai Mantap Brata menjelang pemilu 2019 ini. Pengamanan kita lakukan dengan selalu patrol dan melaksanakan pengamanan untuk rekan-rekan yang memberitahukan akan ada kampanye, baik di rumah-rumah atau tempat lain. Tanpa ada pemberitahuan juga tetap kita lakukan pengamanan,” jelas AKBP Endrastiawan.

baca juga: Lakukan Swab Mandiri, Guru di Payakumbuh Positif COVID-19

Sampai sejauh ini, pihak Polres Kota Payakumbuh belum menemukan adanya pelanggaran hukum terkait pelaksanaan kampanye ataupun adanya laporan dari masyarakat terkait hal itu.

“Untuk wilayah hukum Polres Payakumbuh , situasi masyarakat kita cukup kondusif. Kesadaran hukum cukup tinggi, sebelum kampanye umumnya mengajukan surat ke kita,” terangnya.

baca juga: Pasien Sembuh COVID di Pessel Bertambah Dua Orang, Total Jadi 15 Orang

Di Kota Payakumbuh sendiri, AKBP Endrastiawan menerangkan tidak ada daerah yang tingkat kerawanannya cukup tinggi.

“ Semua bisa berjalan dengan baik, Alhamdulillah semua berlangsung nyaman. Masyarkat sudah cerdas semua, saya apresiasi hal itu. Dari total 841 TPS yang ada di wilayah hukum Polres Payakumbuh tidak ada yang menonjol, itu sudah kita cek semua. Meski demikian kita tidak underestimate dengan tetap menjalankan pengamanan sesuai dengan prosedur,” tegasnya.

baca juga: Pekan Ini, Masjid di Payakumbuh Sudah Bisa Kembali Menyelenggarakan Salat Jumat

Pada kesempatan itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk terus mempertahankan situasi kondusif seperti sekarang sampai dengan pemungutan suara nanti, untuk menciptakan Pemilu aman, damai, dan badunsak.

“Karena ini kan pesta demokrasi. Pesta itu senang-senang, jangan sampai menimbulkan gesekan di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. [Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Eko Fajri