Tahun Ini, Anggaran Dana Desa di Sumbar Mencapai Rp998 Miliar

"Dana itu dibagi untuk 928 desa dan nagari"
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatera Barat, Syafrizal (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hingga bulan Februari 2019, belum ada satupun desa atau nagari di Sumatera Barat (Sumbar) yang mengajukan pencairan dana desa tahap satu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatera Barat, Syafrizal mengatakan, saat ini desa atau nagari masih disibukkan dalam penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Menurutnya, APBDes berkemungkinan diselesaikan akhir bulan Februari, sehingga awal Maret sudah bisa mengajukan pencairan dana desa.

"Untuk tahun 2018 sudah selesai dan realisasi pencarian 100 persen. Waktu pencairan dana desa tahap satu masih bisa dilakukan sampai bulan April," katanya, Selasa 12 Februari 2019.

Syafrizal menyatakan, tahun ini Sumatera Barat mendapat alokasi dana desa sebanyak Rp998 miliar. Dana itu dibagi untuk 928 desa dan nagari.

Syafrizal berharap, dana desa yang dikucurkan tahun ini dapat terserap dan termanfaatkan dengan baik, layaknya capaian di tahun 2018. "Dimana serapan dana desa di Sumatera Barat mencapai 100 persen," tutupnya.

[Joni Abdul Kasir]