Sumbar Tuan Rumah Penas XVI, Puluhan Ribu Petani dan Nelayan Akan Berkumpul di Padang

"Kemungkinan kegiatan Pra Penas ini selama tiga hari."
Ilustrasi nelayan (Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF - Menyemarakan Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XVI Tahun 2020 mendatang di Sumbar, sejumlah kegiatan Pra Penas digelar oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura setempat. Salah satumya dengan menyiapkan lahan seluas 15 hektare (ha) di Aia Pacah Kota Padang. Lahan itu akan digarap untuk lahan pertanian.

"Jadi tahapannya sesuai dengan kondisi teknologi pasar saat ini, kita sudah mulai menyiapkan lahan (pertanian) seluas 15 hektare di Aia Pacah. Areal ini kita gunakan untuk acara Pra Penas tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, Candra, Selasa (12/2).

Kendati demikian, Candra mengaku, belum mendapatkan keputusan jadwal resmi Pra Penas. Karena, pihaknya menginginkan kegiatan Pra Penas ini sejalan dengan iven Livestock Expo atau Kontes Ternak. Rencananya pelaksanaannya akan memakan waktu sampai 3 hari.

"Kemungkinan kegiatan Pra Penas ini selama tiga hari. Tapi belum diputuskan kapan jadwal pastinya. Apakah bulan Juni atau September. Karena rencananya akan dikaitan dengan iven besar Livestock Expo," kata Candra lagi.

Selain kegiatan pertanian, ujar Candra, Pra Penas nanti juga akan diselenggarakan dengan kegiatan Pekan Daerah Nelayan Nasional (Pedati), Livestock Expo atau Kontes Ternak, serta Pekan Flora Flori Nasional yang ditarik menjadi agenda provinsi.

"Kita besok (Rabu, 13 Februari 2019) akan rakor monitoring evaluasi bersama tim Penas Pusat. Jadi apa pun kegiatannya yang terkait dengan peragaan dan keterampilan maka akan kita tampilkan," ujar Candra.

Candra menambahkan, sekitar 10 ribu petani yang berasal dari seluruh penjuru Nusantara berkumpul di Kota Padang. Mereka akan mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan Pra Penas. Sebab, Pra Penas merupakan hajatan besar petani dan nelayan yang dilaksanakan setiap tiga sampai lima tahun sekali.

"Pra penas ini semacam kegiatan uji coba mengendalikan jumlah peserta yang ... Baca halaman selanjutnya