Mengenal Olahraga Ekstrim Nenek-nenek di Afrika Selatan

" Tapi sejak saya mulai tinju, saya merasa muda, seperti berumur 16 tahun, padahal saya sudah 80 tahun!"
Wanita yang berusia sekitar 60-an hingga awal 80-an di Afrika Selatan memiliki rutinitas yang tak biasa, yakni latihan tinju (CNN)

KLIKPOSITIF - Wanita yang berusia sekitar 60-an hingga awal 80-an di Afrika Selatan memiliki rutinitas yang tak biasa, yakni latihan tinju. Dua kali seminggu mereka datang ke pusat kebugaran di Cosmo City, Johannesburg, Afrika Selatan untuk bertinju.

"Kehidupan saya antara hidup dan mati, kadang-kadang baik, kadang-kadang buruk. Tapi sejak saya mulai tinju, saya merasa muda, seperti berumur 16 tahun, padahal saya sudah 80 tahun!," kata Constance Ngubane (80) yang datang ke tempat tinju sejak program Boxing Gogos dimulai tahun 2014.

Bagi para wanita ini, tinju merupakan kombinasi antara kegiatan sosial dengan aktivitas fisik yang dapat memperpanjang umur. Berkat berlatih tinju, meski sudah berumur lanjut, para perempuan renta ini kini sudah tidak lagi mengeluhkan sakit akibat umur. "Saya suka bergaul dengan nenek-nenek lain. Mereka seperti keluarga," kata Ngubane.

Dilansir dari laman CNN, Mable Makhosi (68) juga telah membuktikannya. Dia telah memperhatikan perubahan dalam kesehatannya sejak dia mulai datang ke gym tempat tinju empat tahun lalu. Ia melihat peningkatan yang baik karena diabetes dan tekanan darahnya.

"Ketika saya datang ke sini, saya menemukan bahwa gula saya dapat dikontrol, bahkan darah tinggi saya. Ketika saya pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan, dokter bertanya kepada saya, 'Apa yang Anda lakukan?

Dulu Anda punya masalah dengan diabetes!' Saya menjawab, "Saya tidak melakukan apa-apa, namun saya sudah melakukan latihan dengan diri saya sendiri" Dokter saya mengatakan bahwa saya baik-baik saja, dan itu membantu saya.

Sementara salah satu pelatih, Claude Maphosa melihat nenek-nenek bertransformasi sejak program ini dimulai. "Perubahan yang saya perhatikan di antara mereka yakni percaya diri mereka cukup besar. Sangat menarik melihat seseorang yang putus asa dan sekarang penuh kehidupan," kata Maphosa.

[Rahiladilaa]