Asap Menyerang Lubuk Sikaping, Warga: Mata Perih Saat Berkendara

"sejak pagi tadi di seputaran ibu kota Kabupaten Pasaman itu sedikit gelap karena asap"
Suasana kota Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman yang diselimuti asap sejak pagi tadi. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat sejak Kamis 14 Februari 2019 pagi hingga siang diselimuti asap. Belum diketahui hingga saat ini darimana asap tersebut berasal. Namun, sejak pagi tadi di seputaran ibu kota Kabupaten Pasaman sedikit gelap karena asap.

Pantauan KLIKPOSITIF, perbukitan di sekeliling Kota Lubuk Sikaping tidak terlalu kelihatan. Meskipub begitu, jarak pandang saat berkendara belum begitu terganggu. Arus lalulintas masih telihat lancar. Salah seorang pengendara di Lubuk Sikaping, Efrizon mengatakan, memang ada perbedaan cuaca dari hari sebelumnya.

Dia mengeluh dan merasakan perih di mata saat membawa kendaraan roda dua dan sedikit bau asap. "Memang benar, ada perbedaan. Nampak asap menyelimuti Lubuk Sikaping. Mata saya juga perih saat berkendaraan di sekitar Lubuk Sikaping," kata Efrizon pada KLIKPOSITIF, Kamis siang.

Sementara itu, Kepala BPBD Pasaman, Maspet Kenedi membenarkan terkait dengan asap ini. Ia juga belum tau apa penyebabnya. Apakah asap kiriman dari kabupaten atau provinsi lain, belum diketahui. "Belum tau dari mana asal asap ini. Tapi memang beda hari ini dengan hari sebelumnya," sebutnya.

Pihaknya masih mencari informasi dari mana asal asap ini. Tapi tidak ada informasi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Pasaman. Pihaknya masih mencari informasi tekait dengan asap ini. "Kita sudah tugaskan personel untuk mencari penyebab datangnya asap ini," tutup Maspet.

[Man St Pambangun]