Pelajar di TK dan SD Adzkia Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana

"Ia mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana mesti ditingkatkan sedari dini, baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa."
Pelajar TK dan SD Adzkia Padang saat mengikuti pelatihan mitigasi bencana yang dilaksanakan oleh BPBD Padang dan diselenggarakan oleh Kalbe Farma dan Classy FMpada Kamis (14/2) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang dan Radio Classy FM sebagai radio siaga bencana menggelar pelatihan mitigasi bencana untuk pelajar di TK dan SD Adzkia pada Kamis (14/2). Kegiatan itu disponsori oleh Sakatonik ABC Madu yang mendukung kegiatan kesiapan menghadapi bencana terhadap pelajar yang ada di Kota Padang.

"Bencana alam adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dan mesti diwaspadai karena dapat terjadi kapan dan dimanapun," ujar Kepala BPBD Kota Padang, Edi Hasymi saat memberikan kata sambutan di hadapan peserta pelatihan yang terdiri dari siswa/siswi dan tenaga pengajar di Yayasan Adzkia.

Ia mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana mesti ditingkatkan sedari dini, baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa. Di Sumbar, lanjutnya, ada banyak bencana yang mengancam seperti banjir, gempa, tsunami maupun longsor, karena itu masyarakat harus selalu siap untuk menghadapinya dengan diberikan pemahaman untuk selalu siap siaga kapan dan dimana saja.

"Saya mengapresiasi Radio Classy FM sebagai radio siaga bencana dan Sakatonik ABC madu dalam pelaksanaan pelatihan mitigasi bencana kepada pelajar di Kota Padang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan TK dan SDIT Adzkia mendukung dilaksanakannya pelatihan mitigasi bencana untuk pelajar. Menurutnya, pelajar memang harus diedukasi juga terkait kebencanaan agar tidak terjadi kepanikan saat terjadi bencana.

"Kita tidak mengharapkan terjadinya bencana, namun pelatihan ini tentunya berguna dan dibutuhkan apalagi jika melihat seringnya terjadi bencana di sekitar Sumbar akhir-akhir ini," katanya.

Di sisi lain, Kepala Cabang Sakatonik ABC madu sebagai salah satu penyelenggara kegiatan itu bahwa mitigasi kebencanaan memang dibutuhkan oleh masyarakat Sumbar.

"Yayasan Adzkia merupakan sekolah kelima di Kota Padang yang mendapatkan pelatihan mitigasi bencana. Sebelumnya, itu ... Baca halaman selanjutnya