KPU Sawahlunto Temukan Enam Kotak Suara Rusak

"Untuk kotak suara yang rusak atau cacat itu telah dilaporkan dan diusulkan untuk diganti ke KPU RI"
Logistik Pemilu di KPU Sawahlunto. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, Fadhlan Armey mengatakan, logistik kotak suara Pemilihan Umum 2019 telah sampai di gudang KPU Kota Sawahlunto. Bahkan, lanjut Fadhlan, pihaknya juga sudah melakukan perakitan terhadap kotak suara tersebut.

"Ada 1.045 kotak suara yang telah diterima, setelah dilakukan perakitan didapat sebanyak 6 kotak suara yang rusak atau cacat. Untuk kotak suara yang rusak atau cacat itu telah dilaporkan dan diusulkan untuk diganti ke KPU RI," katanya, Jumat 15 Februari 2019.

Disinggung terkait kerusakannya, Fadhlan menerangkan, 6 kotak suara itu ada yang robek, patah tutup penyangganya dan ada yang lunak di sisi kotak. Untuk itu, KPU Kota Sawahlunto tidak mau mengambil resiko dan melaporkan temuan kotak yang rusak ke KPU RI. Selain kotak suara, logistik yang telah diterima dari KPU RI berupa bilik suara dan perlengkapan TPS lainnya.

"Sementara untuk surat suara dan formulir hingga saat ini belum diterima KPU Sawahlunto. Kemungkinan dalam empat hari kedepan, surat suara dan formulir tersebut akan kita terima," ucapnya.

Lebih jauh Fadhlan mengungkapkan, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan pleno Daftar Pemilih Tambahan yang berjenjang mulai dari tingkat PPS, PPK dan Kota. "Untuk tingkat kota akan dilaksanakan pada Senin 18 Februari 2018," katanya.

Sementara untuk tempat pemungutan suara (TPS) disediakan sebanyak 199 TPS. 61 TPS di Kecamatan Barangin, 46 TPS di Lembah Segar, 36 TPS di Kecamatan Silungkang dan 56 TPS Kecamatan Talawi.

[Muhammad Haikal]