Bawaslu Kota Solok Rangkul Media Ikut Awasi Pemilu 2019

"Suksesnya Pemilu tidak saja berada di tangan penyelenggara dan Badan Pengawas namun ada peran berbagai pihak termasuk masyarakat dan media massa,"
Ketua Bawaslu kota Solok, Triati minta semua pihak ikut awasi Pemilu (Syafriadi Puma/Klikpositif)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Dua bulan jelang pelaksanaan Pemilu serentak yang digelar jelang 17 April 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok mengajak seluruh elemen termasuk awak media untuk ikut serta melakukan pengawasan ditengah masyarakat.

"Suksesnya Pemilu tidak saja berada di tangan penyelenggara dan Badan Pengawas namun ada peran berbagai pihak termasuk masyarakat dan media massa," sebut Ketua Bawaslu kota Solok, Triati, Minggu (17/2).

Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Aula Mami Hotel, Kota Solok, Triati menyebutkan, peran media massa amatlah penting dalam mewujudkan suasana pemilu yang adem dan sejuk.

Apalagi saat ini, tengah dalam masa kampanye. Media massa bisa menjadi pendorong masyarakat dan kontestan agar menghindari hal-hal yang bisa menuai konflik atau perpecahan ditengah masyarakat.

"Apalagi saat ini tengah masa kampanye, media bisa berpotensi dalam memanaskan situasi namun juga bisa mendinginkan, mari kita ajak masyarakat untuk lebih cerdas dalam menyikapi dengan bijak pesta demokrasi ini," papar Triati.

Diakui Triati, banyak hal yang menjadi perhatian Bawaslu dalam tahapan pemilu yang sudah masuk dalam masa kampanye. Termasuk dalam hal penertiban Alat Peraga Kampanye yang dinilai melanggar peraturan.

Setidaknya, dalam rentang waktu sejak dimulainya masa kampanye pada 23 September lalu, Bawaslu Kota Solok telah melakukan sedikitnya 7 kali penertiban APK, mulai dari spanduk, baliho hingga poster.

Bawaslu berharap, keengganan masyarakat selama ini untuk menyampaikan dugaan pelanggaran karena takut berbenturan bisa terkikis dengan dibukanya ruang komunikasi langsung dengan Bawaslu kota Solok.

"Kalau ada masyarakat menemukan dugaan pelanggaran, silahkan langsung sampaikan pada kami, biar kami telusuri dan investigasi. Kalau memang memenuhi unsur pelanggaran akan kita  tindak," tegas Triati yang turut didampingi Komisioner ... Baca halaman selanjutnya