Jumlah Pemilih Sawahlunto Bertambah Jadi 45.820 Orang

"Terdapat penambahan 2 tempat pemungutan suara (TPS) menjadi 201 dari sebelumnya 199 TPS"
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPHTb) KPU Kota Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Jumlah pemilih untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Kota Sawahlunto menjadi 45.820, jumlah tersebut bertambah dari Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 sebelumnya sebanyak 45.778.

Tambahan pemilih tersebut, ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu 2019 Tingkat Kota Sawahlunto, di Hall PT. Bukit Asam Sawahlunto,  Senin 18 Februari 2019.

Ketua KPU Kota Sawahlunto, Fadhlan Armey mengatakan, hasil rekapitulasi DPTb di peroleh dari hasil jemput bola ke lapangan secara berjenjang mulai dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU Kota.

"Jumlah tersebut diperoleh dari DPTb yang masuk sebanyak 152 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki 114 orang, pemilih perempuan 38 yang tersebar di 4 kecamatan dan 37 desa/kelurahan di 210 tempat pemungutan suara (TPS)," katanya.

Fadhlan melanjutkan, jumlah pemilih keluar yang mengurus di daerah asal sebanyak 80 pemilih yang tersebar di 4 kecamatan, 23 desa/kelurahan di 49 TPS. "Untuk pemilih keluar yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 30 pemilih yang tersebar di 4 kecamatan dan 14 desa/kelurahan di 23 TPS," ujarnya.

Sementara itu, anggota Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Sawahlunto, Rika Arnelia menambahkan, terdapat penambahan 2 tempat pemungutan suara (TPS) menjadi 201 dari sebelumnya 199 TPS.

"TPS tersebut berada di Lembaga Permasyarakatan Narkoba di Desa Kolok Mudik dan Rumah Tahanan (Rutan) di Kelurahan Saringan, keduanya berada di Kecamatan Barangin," tuturnya.

[Muhammad Haikal]