Tiga Kecamatan di Limapuluh Kota Masuk Kategori Daerah Prioritas KPU

" tiga daerah tersebut adalah Kecamatan Bukit Barisan, Kecamatan Kapur IX dan Kecamatan Mungka."
Komisioner KPU Limapuluh Kota Divisi Hukum dan Pengawasan, Amfreizer (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota tetapkan tiga daerah masuk kategori daerah prioritas. Hal ini disampaikan Amfreizer, Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, Selasa 19 Februari 2019.

Amfreizer mengatakan maksud daerah prioritas adalah daerah yang diutamakan terlebih dahulu terkait pengiriman logistik Pemilu. Menurutnya, tercatat ada tiga kecamatan yang masuk kategori tersebut dari lima daerah yang diusulkan menjadi daerah prioritas.

"Untuk menentukan daerah prioritas ini harus diperhatikan beberapa hal seperti waktu tempuh, mode transportasi, kondisi jalur distribusi dan karakteristik wilayah," kata Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan tersebut.

Menurutnya, untuk kondisi jalur dan karakteristik wilayah, KPU mempertimbangkan beberapa hal seperti cuaca ekstrim, jalan berbukit, berlubang dan bergelombang. Kemudian jarak tempuh yang akan dilalui oleh kendaraan roda empat atau roda dua. Dia menjelaskan tiga daerah tersebut adalah Kecamatan Bukit Barisan, Kecamatan Kapur IX dan Kecamatan Mungka.

Lebih lanjut, dari tiga nagari ini terdapat delapan nagari yang masuk dalam kategori daerah prioritas. "Di Kecamatan Bukit Barisan ada Nagari Maek, Sungai Naniang, dan Baruah Gunuang. Kemudian Kecamatan Kapur IX, ada Nagari Galugua, Sialang, Koto Bangun dan Koto Lamo serta Kecamatan Mungka hanya Kubang Balambak," ujarnya.

Amfreizer menambahkan, untuk penyaluran logistik Pemilu, daerah ini nantinya akan didahulukan atau menjadi skala prioritas. Saat ini, pihaknya masih menunggu surat suara yang diperkirakan dalam waktu dekat ini akan sampai di Limapuluh Kota dari gudang percetakan yang terletak di Bogor.

[Ade Suhendra]