Produk TNI Ini Diyakini Bisa Atasi Pencemaran Danau Maninjau

"Bios 44 telah memberikan solusi di beberapa tempat di Sumatera Selatan, kita berharap ini juga akan dapat terjadi di Sumbar"
Danau Maninjau (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Kerusakan Danau Maninjau sudah terjadi dalam waktu yang cukup lama. Berbagai rencana akan dilakukan untuk mengembalikan kondisi danau seperti pengerukan sedimen, namun belum terealisasi hingga kini.

Penyebab pencemaran danau mulai dari pakan ikan hingga ikan mati di beberapa musim di Danau. Untuk menetralisir racun dan membersihkan air danau, TNI mencoba produk mereka Bios 44 yang telah terbukti bisa memperbaiki lahan di Sumatera Selatan.

Komandan Resort Militer (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen Kunto Arief Wibowo bersama jajaran TNI telah melakukan uji sampel air Danau Maninjau sebelum diberi Bios 44. Dijelaskannya, kandungan toleransi amoniak hanya dibawah 0,02 miligram per liter, terindentifikasi di danau Maninjau 0,037 miligram per liter.

Sedangkan, nitrit yang dibolehkan 0,06 miligram per liter, tingginya kandungan nitrogen ini mengakibatkan ikan keracunan dan mati mendadak. Nitrogen merupakan unsur pembentukan penting dalam pakan ikan. Dari sampel kualitas air setelah diberi bios 44 menunjukan penurunan kadar nitrit dari 0,037 miligram per liter menjadi 0,02 miligram per liter.

Kesadaran Cs Co setelah diberi Bios Matrik menyambung dan ph air berubah dari sebelumnya 6,99 menjadi 7.05. "Bios 44 telah memberikan solusi di beberapa tempat di Sumatera Selatan, kita berharap ini juga akan dapat terjadi di Sumbar," ujarnya, Selasa 19 Februari 2019.

Dilanjutkannya, Bios 44 berfungsi menormalisasi lahan untuk kembali seperti semula. Inovasi itu sebenarnya sangat sederhana. Bahan-bahan yang dipakai mudah didapat. Misalnya, air, ragi, susu bubuk, cornet beef dan gula pasir dan waktu pembuatan sekitar sebulan. Biaya penemuan itu juga tidak besar.

"Semua diupayakan dari satuan Korem yang ada, kami menyumbang bersama. Bahkan, tak ada kendala signifikan dalam penelitian Bios 44. Jika ada niat baik, semua lancar,’’ ujar Brigjen Kunto Arief Wibowo.

Sementara, Wakil ... Baca halaman selanjutnya