Google Maps 3D Tampilkan Fasilitas Militer Taiwan

"fasilitas militer Taiwan itu ditayangkan oleh Google Maps tipe 3 dimensi secara tak sengaja"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sejumlah fasilitas militer paling rahasia Taiwan diketahui keberadaannya berkat Google Maps. Ini termasuk pangkalan-pangkalan rudal Patriot buatan Amerika Serikat yang ditemukan secara tidak sengaja oleh aplikasi peta milik Google tersebut.


Terbongkarnya lokasi-lokasi fasilitas militer rahasia itu dinilai sebagai aib, karena Taiwan selama ini benar-benar menyembunyikan fasilitas-fasilitas itu dari musuh bebuyutannya China. Adapun fasilitas- fasilitas militer Taiwan itu ditayangkan oleh Google Maps tipe 3 dimensi (3D), yang tak saja menunjukkan lokasi, tetapi hingga detail bangunan, tipe senjata, dan model rudal yang terpasang.

Salah satu fasilitas yang ditunjukkan peta 3D Google Maps itu adalah pangkalan rudal Patriot di Angkeng, Taipei. Google Maps juga mengungkap fasilitas intelijen militer Taiwan. Menaggapi temuan Google itu, Menteri Pertahanan Taiwan, Yen Te-fa mengatakan pihaknya membentukan satuan tugas (satgas) untuk berkomunikasi Google dan memastikan informasi rahasia negaranya diamankan.

"Sebenarnya, infrastruktur pertahanan di tengah masa damai tidak akan sama dengan ketika masa perang," kata Yen dilansir South China Morning Post

Seorang pejabat Kementerian Pertahana Taiwan mengatakan pihaknya akan meminta Google untuk memburamkan lokasi-lokasi fasilitas militer yang sudah terlanjur diumbar tersebut.

Ini bukan kali pertama fasilitas militer Taiwan dibongkar oleh Google. Pada 2016 lalu, pemeritah Taiwan juga meminta Google memburamkan gambar peta Pulau Taiping di Laut Cina Selatan, karena di pulau itu terdapat infrastruktur militer penting.

Sementara pada 2012 Taiwan juga meminta Apple Maps untuk memburamkan sebagian peta kota Hsinchu, tempat sebuah radar canggih buatan Amerika Serikat dipasang untuk menangkal serangan Cina.