Tidak Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris? Ini Solusinya

"Mendengarkan musik merupakan cara menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang digunakan secara Internasional. Di Indonesia banyak sekali mahasiswa yang masih enggan menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Banyak faktor pendukung yang menyebabkan mereka jadi malu mencoba Bahasa Inggris. Misalnya saja takut ditertawakan teman atau takut salah dalam tata bahasa. Sebenarnya ketika Anda berbicara menggunakan Bahasa Inggris, hal pertama yang di butuhkan adalah kepercayaan diri bukan tata bahasa.

Untuk mengetahui pentingnya belajar Bahasa Inggris, coba bayangkan bagaimana keadaan dunia sekitar 10 tahun ke depan? Beberapa dari Anda membayangkan tentang kemajuan zaman yang sangat pesat terjadi pada 10 tahun ke depan. Beberapa dari Anda pun mungkin membayangkan tentang daya saing dalam mencari pekerjaan yang semakin ketat terjadi pada 10 tahun ke depan. Dan mungkin, beberapa dari kalian membayangkan diri kalian yang terlontang-lantung kehilangan arah karena kebingungan dalam mengimbangi perkembangan zaman yang semakin hari semakin maju.

Namun bagaimana menghadapi tantangan yang seperti itu? Berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan percaya diri dalam Bahasa Inggris.

1.Sering Melakukan “Practice”

Jika Anda masih belum fasih dalam berbahasa asing tidak ada salahnya jika Anda sering melakukan latihan. Mencoba ber-Bahasa Inggris dari hal-hal yang sederhana saja terlebih dahulu. Selain itu jika Anda mempunyai banyak kosakata tapi tidak melalukan practice (praktik), kosakata itu tidak akan tinggal dikepala.

Menurut Ketua Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang Martini, bahasa itu semacam habitual harus digunakan, walaupun teorinya dapat tapi practice nya kurang itu sama aja bohong.

 2. Memperbanyak Kosakata “Vocabulary”

Kosakata sangat diperlukan dalam Bahasa Inggris, semakin banyak kosakata yang Anda miliki maka ... Baca halaman selanjutnya