Melalui Samsat Night, Masyarakat Padang Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Malam Hari

Kepala UPTD Samsat Padang, Hidayat,
Kepala UPTD Samsat Padang, Hidayat, (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Padang bertekad meningkatkan kualitas layanan ke dapannya. Salah satunya, Samsat Padang menyediakan fasilitas layanan yang lebih representatif dengan membangun gedung baru dan layanan samsat keliling malam hari (Samsat Night).

Kepala UPTD Samsat Padang, Hidayat, menyampaikan, samsat night adalah kendaraan Samsat Keliling di malam hari yang memberikan pelayanan bayar pajak dengan berpindah-pindah lokasi. Salah satunya di Transmart Padang, dan sejumlah lokasi lainnya memiliki banyak aktifitas.

"Inovasi ini akan kita lakukan dalam waktu dekat. Kita sedang rancang jadwal dan sistemnya," ungkapnya Selasa, 19 Februari 2019.

Baca Juga

Dengan adanya Samsat Night tersebut, akan membantu wajib pajak tepat waktu. Ketika ada kesibukan siang hari, maka dapat dilakukan malam hari. "Hasilnya tidak hanya memudahkan wajib pajak, namun juga mendukung pencapain target pajak," ulasnya.

Kemudian, pembangunan gedung Samsat baru dengan disain dua lantai tersebut selesai tahun ini, 2019. Untuk menyelesaikan pembangunan itu menelan biaya sekitar Rp20 miliar. Dengan itu, tempat layanan sudah menjadi satu gedung, tidak lagi menumpang wisma dharma wanita di Kompel GOR H. Agus Salim.

"Dalam waktu dekat ini akan sediakan fasilitas layanan yang lebih layak. Kita akan bangun kantor Samsat. Sehingga lebih nyaman dari sekarang. Sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan lebih nyaman," sebut mantan kepala Samsat Bukittinggi ini.

Selain itu, Hidayat berharap Car Free Day (CFD) Jalan Khatib Sulaiman berjalan lancar. Sehingga Samsat keliling juga bisa ditempatkan pada lokasi tersebut selama kegiatan berlangsung.

Menariknya, Samsat Padang juga sedang mempersiapkan layanan pajak sistem online. Dimana, Samsat Padang bekerjasama dengan sejumlah bank. Sehingga ke depan pembayaran pajak dapat dilakukan melalui online atau anjungan tunai mandiri (ATM).

"Kita akan tetap berinovasi bagaimana layanan pajak ini lebih maksimal dan efisien," ujarnya.

Dia jua menyampaikan, pencapaian target bulanan UPTD Samsat Padang pada Januari 2019 melebihi target. Penerimaan pajak mencapai 101 persen dengan angka, Rp71,9 miliar lebih Sedangkan target Januari 2019 ditargetkan Rp65,8 miliar lebih.

Sementara pada 2019 ini UPTD Samsat Padang dibebani target Rp753,9 miliar lebih. Jumlah naik dari target 2018 hanya Rp673 miliar lebih.

"Semoga target ini tercapai dengan baik. Karena kondisi ekonomi masih stabil. Harapan kita pajak pembelian kendaraan bermotor baru dan balik nama kendaraan bermotor tetap tinggi," pungkasnya.

(Joni Abdul Kasir)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rezka Delpiera