UNBK 2016 Masih Terkendala Server

"Komputer gagal melakukan sinkronisasi dengan server"
Komputer gagal melakukan sinkronisasi dengan server (Net)

KLIKPOSITIF - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 masih terkendala gangguan "server" di beberapa daerah.

"Hal ini karena komputer gagal melakukan sinkronisasi dengan server", kata Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam.

"Pada hari pertama, ada 90-an dari 13.000 "server" yang mengalami gangguan. Hari ini juga beberapa server yang mengalami gangguan," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Permasalahan utama dari gangguan server karena komputer gagal melakukan sinkronisasi dengan "server". Sebenarnya, permasalahan tersebut sudah ada jawabannya di prosedur standarnya.

"Kalau sudah disinkronisasi, seharusnya komputer tidak boleh diotak-atik lagi, kalau diotak-atik maka komputer dan "server"nya gagal melakukan sinkronisasi," tambahnya.

Antusiasme masyarakat dalam membantu penyelenggaraan UNBK juga tinggi. Nizam menyebut di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, misalnya para orang tua meminjamkan genset untuk mendukung penyelenggaraan UNBK.

Begitu juga Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang turut berperan dalam penyediaan listrik agar pelaksanaan UNBK berjalan lancar. "Di beberapa daerah, PLN malah meminjamkan gensetnya kepada sekolah, agar UNBK berjalan lancar."

Secara keseluruhan, lanjut dia, permasalahan yang terjadi pada UN 2016 lebih sedikit jika dibandingkan tahun lalu. UN berbasis kertas dan pensil juga tidak mengalami permasalahan berarti.

[Ant]