Presiden Dijadwalkan Bakal Resmikan Sentra Rendang Payakumbuh

"Riza Falepi menyambut baik wacana kedatangan Jokowi"
Ilustrasi (Net)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan datang ke Kota Payakumbuh pada Maret nanti. Rencananya, Jokowi akan meresmikan sentra industri rendang Payakumbuh di kawasan Pasar Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Rencana kedatangan Jokowi tersebut diketahui, setelah Pemerintah Kota Payakumbuh menerima kunjungan dari Asisten Deputi Kemenko Perekonomian RI, Rustandi.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Walikota Payakumbuh, Rabu (20/2) lalu, Rustandi mengatakan, pihaknya sengaja datang untuk melihat kondisi terkini UMKM rendang di daerah itu.

Terkait kunjungan tersebut, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyambut baik wacana kedatangan Jokowi ke daerahnya.

Ia menyebut, hal ini akan menjadi sebuah kehormatan apabila Presiden RI langsung meresmikan sentra industri rendang tersebut.

"Apalagi UMKM rendang dinilai positif oleh Asisten Deputi Kemenko Perekonomian RI, Rustandi yang sebelumnya berkunjung. Mereka akan menjadikan UMKM rendang kita sebagai pilot project UMKM di Indonesia," katanya.

Dengan adanya wacana kehadiran Jokowi untuk meresmikan secara langsung UMKM rendang di daerahnya tersebut, Riza Falepi makin optimis, usaha rendang di Payakumbuh akan makin dikenal dan tentunya akan memberikan efek ekonomis bagi pengusaha rendang.

Sampai sejauh ini, berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian terdapat 37 usaha rendang yang tersebar di lima kecamatan yang ada.

Dari jumlah itu, 40,5 persennya berada di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori. Hal itu tersebut ditunjang oleh keberadaan Kampung Rendang di Kelurahan Sungai Durian.

"Apa yang kita kerjakan selama ini dengan menjadikan Payakumbuh City of Randang mulai diperhatikan pemerintah pusat. Ini tentu jadi keberhasilan kita bersama," jelas Riza Falepi.

Untuk pengembangan rendang di daerahnya, Pemko Payakumbuh memang terus berupaya menyasar pasar internasional. Dalam ... Baca halaman selanjutnya