Disnakertrans: Sumbar Miliki 11 Ribu Tenaga Kerja Siap Kerja

"kendala calon tenaga kerja Sumbar adalah keterampilan serta kurang menguasai bahasa asing untuk tenaga kerja yang akan dikirim keluar negeri"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi terus melakukan peningkatan kualitas, kapasitas dan perlindungan terhadap tenaga kerja di Sumbar.

Kepala Disnakertrans Sumatera Barat (Sumbar) Nasrizal menyebutkan, untuk meningkatkan angka kerja, tahun ini melatih sedikitnya 11 ribu calon tenaga kerja agar mereka siap memasuki dunia kerja dalam dan luar negeri.

"Walaupun terbilang kecil tetap berusaha agar lebih banyak calon tenaga kerja mendapatkan pekerjaan," ujarnya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Kamis, 21 Februari 2019.

Pelatihan dilakukan melalui paket pelatihan di 12 Balai Latihan Kerja (BLK) di Sumbar melalui dana dari APBN, APBD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

"Setelah pelatihan, bukan saja ilmu sesuai permintaan pasar tapi mereka juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti mengikuti pelatihan," terangnya.

Selama ini, terang Nazrisal, kendala calon tenaga kerja Sumbar adalah keterampilan serta kurang menguasai bahasa asing untuk tenaga kerja yang akan dikirim keluar negeri. Kedepan Disnakertrans akan mengadakan pemetaan mulai dari kelas 3 SMK.

"Jadi kedepan kita akan bekerja sama dengan sekolah. Kita latih mereka mulai dari kelas 3 SMK, kita kelompokkan mana yang ingin lanjut kuliah mana yang akan memasuki dunia kerja dan kemana tujuan kerja mereka," ungkapnya.

Sebagai contoh, lanjutnya, calon tenaga kerja yang ingin ke Jepang akan dilatih bahasa Jepang, kebudayaan Jepang serta apa - apa yang berkaitan dengan negeri sakura itu. Sehingga tenaga kerja yang dikirim benar-benar siap dan telaten.

Disampaikannya, angka terakhir TKI Sumbar keluar negeri sebanyak 980 orang, hampir 99 persen ke Malaysia. Padahal banyak kesempatan ke daerah lain seperti Jepang, Korea dan Belanda.

"Belanda meminta tenaga kerja yang bisa menjaga lansia dengan gaji 25 sampai 35 juta per bulan. Namun saat dilakukan seleksi banyak calon ... Baca halaman selanjutnya