Sentak Arts Festival, Aksi Kolaborasi Seni Anak Muda di Agam

" Kegiatan ini adalah alek anak nagari Balai Gurah yang dikelola secara swadaya dan independen"
Persiapan Sentak Arts Festival. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Dalam rangka memaksimalkan dan mengeksplorasi potensi anak muda, Nagari Balai Gurah menggelar kegiatan Sentak Arts Festival (SAF) pada Sabtu 23 Februari 2019. Kegiatan ini adalah alek anak nagari Balai Gurah yang dikelola secara swadaya dan independen.

Fandi Pratama, selaku Festival Director menyebut, kegiatan ini lebih menitikberatkan kepada eksplorasi potensi Nagari Balai Gurah. Yakni potensi manusia, alam, seni dan budaya yang berkembang di lingkungan nagari. Nantinya, akan dikolaborasikan menjadi sebuah pertunjukan.

"Gelaran ini kan dilaksanakan Sabtu 23 Februari 2019 di Lapangan Medan Nan Bapaneh Balai Mudiak, Jorong Koto Tuo, Nagari Balai Gurah, Kecamatan IV Angkek, Agam," katanya kepada KLIKPOSITIF.

Dia menyebut, Sentak Art Festival juga berkolaborasi dengan berbagai kelompok seni budaya dari berbagai daerah untuk turut dalam perayaan kebahagiaan masyarakat. Ada 13 penampil yang akan mengisi SAF dan tersebar pada semua daerah di Sumatera Barat.

Komunitas yang ikut berpartisipasi yakni, Komunitas Maiank Balah dan Saraso badunsanak dari Nagari Balai Gurah, Konunitas Kiek dari Sungai Landia, Komunitas Legusa dari selatan Payakumbuh dan Puti Ambang bulan dari Payakumbuh, Tanah Ombak dari Padang, Sanggar Sataba dari Batusangkar, Sibirana dari Padang, Ganto Rang Sapuluah dan saluang Rabab dari Nagari Lasi, Kampuang Ijuak dari Nagari Simalonggang. Randai alam minang dari nagari salo. BSTM dari Padang dan Parade 100 Ribu.

"Kami berharap kegiatan ini bisa diramaikan oleh masyarakat yang haus akan kolaborasi budaya dan tampilan seni Sumatera Barat," tutup Fandi. (*)