Payakumbuh Ingin Jadi Pemasok Bibit Ikan untuk Wilayah Sumbar

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh, Depi Sastra
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh, Depi Sastra (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh fokus dalam pengembangan bibit ikan di daerah tersebut. Tiga jenis bibit ikan yang dinilai cocok dengan kondisi Kota Payakumbuh adalah budidaya bibit lele, ikan mas, dan ikan nila.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh , Depi Sastra menyebut, sampai sejauh ini perkembangan pembibitan ikan di  Payakumbuh berkembang cukup pesat. Melihat kondisi itu, ia cukup optimis bahwa Kota Payakumbuh akan mampu menjadi pemasok utama bibit ikan untuk Sumatera Barat.

baca juga: Besok, Pasar Ternak Payakumbuh Kembali Dibuka

"Perikanan cukup berkembang di lahan kolam. Pembinaan yang kami lakukan adalah dengan lahan terbatas. Targetnya Payakumbuh akan jadi pusat pembibitan untuk memasok bibit ikan ke seluruh Sumbar," kata Depi Sastra, Jumat 22 Februari 2019.

Diterangkannya, untuk Kota Payakumbuh , pembibitan benih memang lebih menjanjikan ketimbang budidaya ikan. Karena untuk pembibitan tidak perlu lahan yang terlalu luas.

baca juga: Camat Latina: Penerima Bansos Pemko Payakumbuh Harus Tepat Sasaran

Sampai sejauh ini, beberapa kendala yang dihadapi pelaku usaha bibit benih ikan ini adalah cara melihat bibit yang baik ataupun yang kurang baik untuk dikembangkan.

"Dari situ kami selalu memberikan pembinaan dan pelatihan terkait cara-cara memilih bibit ikan yang baik," terangnya.

baca juga: Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tertibkan Kafe di Payakumbuh

Upaya pihaknya untuk melakukan pengembangan budidaya bibit ikan semakin terbantu dengan diserahkannya pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Padang Tinggi kepada Pemerintah Kota  Payakumbuh . Sebelumnya, pengelolaan UPTD itu ada di provinsi.

"Jadi saat ini kita memiliki dua UPTD, yaitu UPTD Padang Tinggi, Payakumbuh Barat, dan UPTD Bodi Payakumbuh Timur. Di kedua UPTD itu terdapat sentra pembibitan ikan" lanjutnya.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

Dijelaskannya, untuk bisa memenuhi target sebagai daerah pemasok biibt ikan untuk wilayah Sumbar, yang paling penting dimiliki para pengusaha bibit ikan di Payakumbuh adalah peningkatan kualitas dari bibit ikan yang disediakan tersebut.

"Ya, tentunya kita di sini akan terus berupaya meningkatkan kualitas. Karena kualitas adalah hal utama dalam budidaya bibit ikan ini," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]

Penulis: Iwan R