Kadisnakertrans Sumbar : Dana Desa Bisa untuk Pelatihan Tenaga Kerja di Nagari

"Tahun ini Disnakertrans Sumbar akan melatih 11 ribu calon tenaga kerja di Sumbar"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Barat (Sumbar) Nazrisal menyebutkan, tahun ini pihaknya akan melatih 11 ribu calon tenaga kerja di Sumbar.

"Angka itu sangat kecil, kalau melihat tingkat pengangguran seharusnya kita latih 100 ribu tahun ini. Untuk itu, paket pelatihan bisa menggunakan dana desa," jelasnya, Jumat 22 Februari 2019.

Dikatakannya, seharusnya ada kemandiraian pelatihan dari dana desa di tingkat nagari. Wali nagari bisa berkreasi membuat paket pelatihan bagi para pencari kerja.

"Bisa melalui dana pemberdayaan yang ada dalam DD sebagai upaya meningkatkan kapasitas masyarakat. Judulnya bisa seperti itu. Sekarang tergantung apakah wali nagari mau atau tidak, atau punya pikiran tentang itu," terang Nazrisal.

Apalagi, lanjutnya, sebanyak 928 nagari di Sumbar. Jika setiap desa atau nagari melakukan pelatihan terhadap 50 orang calon pencari kerja per nagari dalam setahun, bisa mencapai 50 ribu orang mendapatkan keterampilan sebelum memasuki dunia kerja.

"Apalagi dana desa semakin hari semakin bertambah, dana untuk pemberdayaan mencari 10 persen bisa disisihkan untuk pelatihan," ungkapnya.

Disampaikannya, saat ini di Sumbar ada 12 BLK, 1 milik pusat yang di Gadut Kota Padang kemudian dua milik Provinsi di Payakumbuh dan Padang panjang selebihnya 9 BLK tersebar di beberapa Kabupaten dan kota.

"Jadi tidak semua daerah punya BLK. Pelatihan di nagari bisa jadi solusi," tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]