Ilmuwan: Anjing Ancaman bagi Hampir 200 Spesies Satwa Liar

"satwa liar yang terancam berasal dari Asia, Amerika Tengah dan Selatan, Karibia, dan sebagian Oceania."
Anjing ras (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Mereka mungkin sahabat manusia, tetapi para ilmuwan telah menemukan bahwa anjing adalah musuh terburuk alam.

Menurut para ilmuwan, setelah tikus dan kucing, anjing adalah predator yang diperkenalkan manusia terburuk ketiga yang berkontribusi terhadap kepunahan selusin burung liar dan spesies hewan.

Tapi itu tidak berakhir di sana. Toby, Rover, dan Lucky sekarang berpotensi bersalah atas kematian 200 spesies satwa liar yang hampir punah. "Bagaimana anak (anjing) saya yang baik bisa menjadi ancaman bagi planet bumi?" Itu pertanyaan sah yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan di Chili ini.

Alasannya cukup jelas yakni peningkatan jumlah anjing liar, banyak yang ditinggalkan oleh pemiliknya. "Ketika populasi manusia meningkat, demikian juga jumlah anjing, dan masalah ini bisa menjadi lebih buruk," kata kepala unit spesialis spesies invasif di badan konservasi IUCN, Piero Genovesi.

Secara geografis, satwa liar yang terancam berasal dari Asia, Amerika Tengah dan Selatan, Karibia, dan sebagian Oceania.

"Melalui perangkap kamera kami, kami telah menemukan bahwa anjing memasuki gua tempat lynx mengambil hewan mangsa yang mereka bunuh, dan kami memiliki rekaman yang menunjukkan anjing memakan bangkai," kata Izabela Wierzbowska, kata salah seorang ilmuwan di Universitas Jagiellonian di Polandia.

"Kami juga memperhatikan bahwa lynx menjadi sangat terganggu ketika mengetahui bahwa ada predator lain di dalam gua yang memakan mangsanya," tambahnya.

Dari 200 spesies yang berisiko, IUCN mengatakan 30 spesies terancam punah, 71 terancam punah, dan 87 rentan. Setengah dari spesies adalah mamalia dengan 78 menjadi burung, 22 reptil dan tiga amfibi.

Anjing pemburu satwa liar tidak banyak masalah. Ada penyebab yang jauh lebih besar untuk diperhatikan menurut para ilmuwan. "Perburuan langsung oleh anjing kurang dari ancaman, tetapi masalah utamanya adalah penyebaran penyakit dari anjing ke ... Baca halaman selanjutnya