249 Orang Pegawai Honerer Ikut Ujian CAT Seleksi P3K

"Peserta ujian merupakan pegawai honorer yang telah masuk data bes KemenpanRB."
Sekdaprov Alwis meninjau pelaksanaan ujian P3K (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 249 peserta Pengadaan Pegawai dengan Perjanjian Kerja (P3K) mengikuti ujian berbasis komputer dengan Computer Assisted Test (CAT) di SMK 2 dan SMK 6 Padang. Peserta ujian merupakan pegawai honorer yang telah masuk data bes KemenpanRB.

Sekretaris Daerah Alwis disela-sela kunjungan pelaksanaan ujian menyampaikan dari 249 orang peserta tersebut 211 orang untuk tenaga guru, 9 orang tenaga kesehatan, dan 29 orang penyuluh pertanian.

"Mereka ini adalah honor K2 yang dulu mengikuti tes PNS tahun 2013 lalu, ada juga yang saat itu umurnya sudah lebih dari ketentuan penerimaan PNS hari ini mendapatkan kesempatan," katanya, Sabtu, 23 Februari 2019.

Dia menjelaskan peserta dapat melihat hasil setelah selesai mengikuti ujian. Hasilnya akan dikirim ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) sebagai yang menentukan diterima atau tidak P3K ini.

"Kita berharap semua peserta yang ikut dalam pelaksanaan ujian hari ini akan lulus semuanya. Karena mereka rata-rata telah lama mengabdi," ujarnya.

Pada Kesempatan yang sama Kepala BKD Sumbar Yulitar mengatakan syarat batas usia minimal peserta PPPK, sudah ditetapkan adalah 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum batas usia pensiun untuk jabatan yang dilamar.

"Misalnya, untuk tenaga guru yang batas usia pensiunnya 60 tahun, bisa dilamar oleh warga negara Indonesia yang berusia 59 tahun," jelasnya.

Dia mengaku waktu pelaksanaan ujian sangat sempit, namun peserta wajib mendaftar dari tanggal 10 sampai 16 Februari 2019. Formasi yang tersedia untuk PPPK baru pada posisi guru/dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian yang memenuhi syarat.

Joni Abdul Kasir