SDM Terbatas, Bawaslu Padang Minta Bantuan Pengawas Partisipatif Awasi Pemilu

"Pengawas pemilu partisipatif berasal dari berbagai kalangan masyarakat"
Ilustrasi (Dok.Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu Kota Padang mengungkapkan jumlah SDM untuk mengawasi proses Pemilu 2019 sangat terbatas. Sehingga lembaga itu bergantung pada pengawas partisipatif.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra, ia mengatakan pengawas pemilu partisipatif berasal dari berbagai kalangan masyarakat yang peduli dengan Pemilu.

Keberadaan pengawas partisipatif ini untuk menciptakan pemilu yang berkualitas dan berintegregritas. 

"Tentunya mereka harus tahu secara umum tentang pengawasan. Untuk itu kami berikan sosialisasi sehingga jika terjadi kecurangan di lapangan mereka tahu apa yang akan mereka lakukan," katanya.

Tidak hanya pada pengawas, sosialisasi juga diberikan pada pengusaha angkutan umum dan pengusaha percetakan.

Sosialisasi dilakuka terkait aturan dan tahapan-tahapan kampanye dalam pemilu sehingga masyarakat bisa melakukan pencegahan pelanggan pemilu.

Lalu sosialisasi kepada pengusaha angkot di Kota Padang diharapkan pengusaha angkot bisa mencopot stiker one way dikaca mobil. 

Kemudian untuk pengusaha percetakan, bisa memberikan pemahaman kepada caleg yang mengorder spanduk atau baliho. "Untuk pelanggan APK bisa dikenakan sanksi administrasi. Namun jika dilakukan dimasa tenang bisa pidana," ujarnya. 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Padang, Yunasti Helmi menegaskan, pemasangan stiker one way tidak diatur dalam undang-undang pemilu apalagi pada masa tenang bisa dipidana karena dianggap kampanye di masa tenang. Pidana bisa menjerat caleg, sopir maupun pemilik angkot.

"Jadwal masa tenang mulai dari tanggal 14,15,16 April 2019. Sebelum masa tenang bisa dicopot atau kalau saat berhubungan dengan polisi bisa dicopot stiker nya, bahkan bisa ditilang karena mengganggu pemandangan sebab ada aturan lalu lintas soal ketebalan maksimal dalam menempelkan stiker agar tidak mengganggu ... Baca halaman selanjutnya