Unand Padang Genjot Komunikasi Mahasiswa Untuk Dapat Bekerja di Luar Negeri

"Unand juga akan menerapkan pendidikan vokasi bagi program diploma"
Prosesi wisuda I tahun akademik 2019, Sabtu 23 Februari 2019 di Auditorium Unand (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Guna menyiapkan lulusan siap pakai dunia kerja, Universitas Andalas (Unand) Padang, akan menerapkan pendidikan vokasi bagi program diploma.

"Saat ini yang juga tengah dilakukan pemerintah adalah dengan merevitalisasi pendidikan advokasi. Jadi D3 itu dibuka menjadi sarjana serapan atau D4. Cocok dengan dunia industri," ungkap Rektor Unand, Tafdil Husni, usai acara wisuda I tahun akademik 2019, Sabtu 23 Februari 2019 di auditorium Unand.

Selain itu, katanya upaya lain adalah dengan menggenjot komunikasi mahasiswa untuk dapat bekerja di luar negeri. "Jika komunikasi baik, tentu tamatan perguruan tinggi punya akses untuk bekerja di luar negara sendiri," ujarnya.

Upaya selanjutnya, kata Tafdil adalah mendirikan lembaga sertifikasi profesi di bawah naungan Badan Seleksi Nasional Profesi. "Ini yang kita lakukan agar lulusan kita bisa diserap di dunia pekerjaan," pungkasnya.

Wisuda I 2019 Unand sendiri, sebanyak 1.079 mahasiswa lulus pada jejang S1 dan D3. Sebelumnya pada Jum'at kemarin, sebanyak 441 mahasiswa diwisuda dari program magister, doktor, spesialis dan profesi.

[Cecep Jambak]