Wujudkan UHC, Pemkab Pasaman Jamin Biaya Berobat Seluruh Masyarakat

"Total peserta JKN – KIS di Kabupaten Pasaman per Maret 2019 mencapai 303.699 jiwa dari jumlah penduduk 317.520 jiwa"
Penandatanganan perjanjian kerjasama Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo) dengan BPJS Kesehatan dan Pemkab Pasaman. (KLIKPOSITIF/ Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumbar berhasil mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) untuk mensejahterahkan seluruh penduduknya melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo).

Tercatat per 1 Maret 2019, penambahan alokasi kouta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Tidak tanggung-tanggung jumlah yang akan menjadi peserta baru Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) PBI APBD sebanyak 21.769 jiwa.

Penandatanganan Perjanjian Kerja sama Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo), telah dilaksanakan, Senin 25 Februari 2019 di halaman kantor Bupati Pasaman oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dan Kepala Kedeputian Wilayah Sumbagteng–Jambi Siswandi, SE, MM, Cobit5(F) dari BPJS Kesehatan.

Hadir dalam kegaiatan tersebut jajaran pimpinan Pemerintah Kabupaten Pasaman, seluruh Kepala OPD Kabupaten Pasaman, seluruh ASN di Kabupaten Pasaman bersama rombongan dari BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi.

Bupati Yusuf menyatakan apresiasinya atas tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Pasaman per 1 Maret 2019 atas kontribusi seluruh pihak dalam mewujudkan implementasi UUD 1945 pasal 34 tentang pengembangan sistem Jaminan Sosial, khususnya bidang kesehatan.

“Saya selaku pimpinan daerah sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pemangku kepentingan dijajaran saya ini, terkhususnya Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial karena melalui kebijakan ini masyarakat Kabupaten Pasaman dapat berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik disemua tingkat pelayanan kesehatan. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan yang sudah lama kami cita–citakan" ujarnya.

Semoga integrasi JKSS dan JKMP- Saiyo ke dalam program JKN-KIS ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Pasaman, dan kerja sama ini pada akhirnya mengantarkan kita pada cita-cita ... Baca halaman selanjutnya