Mulyadi Beberkan Peluang Generasi Muda di Era Start Up

"Generasi muda dihadapkan pada tantangan yang berat."
Anggota DPR RI Komisi VII, Mulyadi (Ist)

KLIKPOSITIF - Generasi muda dihadapkan pada tantangan yang berat. Mulai dari pendidikan hingga mendapatkan pekerjaan. Tapi, generasi muda juga memiliki banyak peluang. Tergantung kepada kemauan dan keseriusan dalam belajar.

Sekarang eranya unicorn atau start-up. Sejumlah unicorn kini telah mendunia. Ada Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya. Kesemuanya juga telah menghasilkan uang dalam jumlah besar serta membuka lapangan pekerjaan.

Dengan unicorn, produk UMKM jadi mendunia. Dengan start-up pula, banyak orang bisa mewujudkan mimpi. Berkat kemajuan teknologi, setiap celah bisa bernilai ekonomi tinggi. Dengan teknologi, sesuatu yang tak mungkin akan jadi mungkin.

Generasi muda Sumatera Barat perlu mengambil peluang itu. Kita ingin, ada pula start up baru yang muncul dari Sumatera Barat. Bila ditelisik sejarah kelahiran Traveloka, konon kabarnya berawal dari si pembuat aplikasi yang susah mendapatkan tiket untuk Padang-Jakarta.

Artinya, generasi muda Sumbar punya kemampuan untuk bergelut dengan teknologi. Ke depan, hendaknya ada anak muda baru yang menghasilkan karya besar dan bermanfaat bagi banyak orang. Generasil milenial dari daerah ini, hendaknya melakukan riset kecil-kecilan yang nantinya menghasilkan karya besar.

Sebagai anggota DPR, tugas saya bagaimana mendorong pemerintah meningkatkan anggaran yang memadai untuk riset. Teknologi harus digali ditemukan. Inovasi harus dilakukan tiada henti. Perubahan dan tantangan zaman harus dihadapi dengan kreativitas.

Anak muda Sumatera Barat harusnya memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif. Teknologi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang menyangkut kebaikan dan membuka peluang. Jangan cuma jadikan internet maupun teknologi untuk hiburan atau permainan. Jadikan kemajuan teknologi untuk penelitian dan edukasi.

Kita ingin pemerintah kabupaten dan kota menyediakan anggaran untuk ... Baca halaman selanjutnya