Kini, Mentawai Sudah Bisa Nikmati BBM Satu Harga

"Dari tahun 2017 sampai tahun 2019 akan dibangun 170 penyaluran BBM Satu Harga"
Wamen ESDM, Archandra Tahar saat peresmian BBM Satu Harga di Mentawai (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah telah meresmi Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin 25 Februari 2019. Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

Dalam peresmian tersebut, Archandra juga didampingi oleh Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas), Henry Ahmad. Dalam laporannya, Komite BPH Migas, Henry Ahmad, mengatakan dengan penambahan empat titik, maka secara nasional, telah beroperasi 121 dari 170 yang diprogramkan.

"Dari tahun 2017 sampai tahun 2019 akan dibangun 170 penyaluran BBM Satu Harga. 2017 telah terbangun 57 Penyalur BBM Satu Harga dengan rincian 54 Penyalur oleh PT.Pertamina (Persero) dan 3 Penyalur oleh PT. AKR Corporindo, Tbk," ungkapnya di SPBU Kompak di Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara.

Pada Tahun 2018, katanya ditarget sebanyak 73 penyalur dengan rincian 67 penyalur oleh PT. Pertamina (Persero) dan 6 penyalur oleh PT. AKR Corporindo, Tbk.

"Untuk tahun 2019, ditargetkan 40 Penyalur beroperasi oleh PT Pertamina (Persero) dan 1 Penyalur oleh PT AKR Corporindo, Tbk, dimana 1 Penyalur PT Pertamina telah diresmikan pada tahun 2018 dan 2 penyalur telah uji operasi. Ditambah empat ini jadi yang ke-118 sampau 121," jelas dia.

Sementara itu, dalam sambutannya Arcandra mengatakan BBM Satu Harga merupakan program pemerintah yang menyisir daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T).

Hal ini sebagai langkah melaksanakan amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang percepatan pemberlakuan satu harga untuk Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan secara nasional sesuai amanah.

Dalam kesempatan itu, Wamen kembali menegaskan, jika program BBM satu harga tidak akan merugikan Pertamina. "BBM satu harga yang direncanakan 170 titik itu paling maksimum itu menggunakan 800 milyar per tahun. Biaya tersebut dibandingkan revenue Pertamina itu kecil, tidak akan ... Baca halaman selanjutnya