Bank Nagari dan Upaya Melestarikan Budaya Minangkabau

"Bank Nagari yang beberapa tahun terakhir mulai mendapat kepercayaan dari masyarakat Sumbar"
Unsur pimpinan Bank Nagari saat menyerahkan hadiah pada pemenang pacuan kuda di Kota Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebagai satu-satunya bank milik Pemerintah Daerah (Pemda), Bank Nagari Kota Payakumbuh tak ingin hanya fokus di bidang keuangan.

Terlepas dari tugas utamanya, bank plat merah itu turut berupaya mengembangkan dan melestarikan budaya lokal. Bagaimana ceritanya?

Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kota Payakumbuh cukup rutin menggelar berbagai event budaya yang tujuan utamanya adalah melestarikan budaya lokal dan terus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Diantara berbagai event kebudayaan yang rutin digelar di Kota Batiah itu adalah Payakumbuh Barolek Godang, Festival Botuang, sampai dengan Alek Pacuan Kuda.

Berbagai event tersebut tidak saja semakin mengenalkan budaya kepada generasi muda, tapi juga mengangkat perekonomian warga karena tidak jarang berbagai kegiatan itu jadi daya tarik tersendiri di Payakumbuh.

Meski berbagai kegiatan tersebut memiliki efek domino yang cukup besar dan tidak hanya penting bagi budaya itu sendiri, terbatasnya anggaran selalu menjadi masalah klasik yang seringkali menghadang langkah Pemda untuk menjalankan berbagai agenda yang sudah di susun.

Bank Nagari yang beberapa tahun terakhir mulai mendapat kepercayaan dari masyarakat Sumbar, khususnya di Kota Payakumbuh tak ingin hanya hadir sebagai penonton.

Sebagai bank yang didirikan dengan tujuan membantu pembangunan daerah, bank plat merah itu ikut berperan aktif dalam setiap gelaran.

Selain support dana yang memang jadi harapan utama setiap pelaksana kegiatan, support moril terus dilakukan oleh Bank Nagari Cabang Payakumbuh di bawah pimpinan Doni Edrian itu.

Dia seringkali selalu hadir dan memberikan dukungan pada setiap kegiatan yang disponsori oleh pihaknya.

Hal yang sama juga terlihat pada Alek Pacu Kuda yang dilaksanakan di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, selama dua hari Minggu (24/2) dan Senin ... Baca halaman selanjutnya