Malam Ini, Gempa Guncang Mentawai

"Gempa ini terjadi di wilayah 23 kilometer Tenggara Tua Pejat"
Peta lokasi gempa (BMKG)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Gempabumi kembali mengguncang Sumbar sekitar pukul 21.18 WIB, Kamis 28 Februari 2019. Kali ini, pusat gempa berlokasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dari analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan M=5.1 yang terjadi di lokasi 2.12 LS, 99.78 BT  di wilayah 23 kilometer Tenggara Tua Pejat, Mentawai-Sumbar. Gempa ini terjadi di kedalaman 44 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Dari berbagai sumber informasi, gempa ini dirasakan di kawasan Tua Pejat dengan skala intensitas III MMI, Pessel dan Padang II-III MMI. Bahkan gempa ini juga dirasakan di Bukittinggi dengan I MMI.

Hingga pukul 21.35 WIB, tidak ada laporan adanya bangunan rusak, korban luka-luka, maupun korban jiwa akibat dampak gempa ini.

Sebelumnya pada pukul 06.27 WIB, gempa juga terjadi di Sumbar. Gempa tersebut berkekuatan M=5,6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=5,3. Gempa itu berlokasi di 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat pada kedalaman 10 kilometer. (*)