Bulog Akan Ganti Beras Raskin Terbakar di Solok dengan CBP

"Nah kebakaran kantor walinagari di Solok itu bisa masuk dalam bencana alam in"
Bongkar Muat di gudang bulog Rawang Timur, Kota Padang. (KLIKPOSITIF/ Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Bulog Divisi Regional Sumatera Barat, Muhammad Anwar mengatakan, kebakaran kantor walinagari di Kabupaten Solok yang juga melalap 2,6 ton beras miskin (raskin) bisa diganti dengan cadangan beras pemerintah (CBP).

"Kawan-kawan di Solok sudah koordinasi dengan saya. Mereka juga sudah koordinasi dengan dinas terkait, jadi kesimpulannya akan diganti dengan CBP," katanya, Jumat, 1 Maret 2019.

Dijelaskan Anwar, CBP bisa digunakan untuk keadaan darurat, stabilisasi harga melalui operasi pasar dan bencana alam sehingga terjadi kerawanan pangan. "Nah kebakaran kantor walinagari di Solok itu bisa masuk dalam bencana alam ini," jelasnya.

Dilanjutkannya, pengelolaan dan penyedia CBP ini ada pada Bulog dan akan disalurkan melalui mekanisme yang ada. "Untuk bencana kebakaran ini mekanismenya ada surat dari pemerintah setempat bahwa ada kejadian ini sehingga harus diganti dengan CBP dan langsung akan kita salurkan," jelasnya.

Sebelumnya kantor Walinagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak dilalap api, Jumat (15/2) lalu. Sejumlah inventaris kantor terbakar menjadi abu, termasuk beras untuk Rumah Tangga miskin (Raskin) sekitar 2,6 ton.

[Joni Abdul Kasir]