Begini Solusi dari DPR untuk Bedakan KTP Milik WNA dan WNI

"Haruslah dibuat regulasi berdasarkan aturan hukum"
Ilustrasi e-KTP (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Anggota Komisi II DPR RI Firman Soebagyo menilai, pembedaan pada bahasa dan waktu berlaku pada Kartu Identitas Penduduk (KTP) milik WNA dan WNI tidak cukup.

Pasalnya, perbedaan pada dua poin tersebut menimbulkan kecurigaan publik terhadap praktek penyalahgunaan suara pada saat Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Dengan adanya kecurigaan itu, menurut dia haruslah dibuat regulasi berdasarkan aturan hukum. Aturan itu berupa pembedaan warna KTP-el antara milik WNI dengan WNA.

Namun, aturan tersebut bukan dalam bentuk Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), melainkan dalam bentuk peraturan turunan sesuai pasal 63 yang menjelaskan bahwa baik WNI atau WNA memerlukan suatu identitas.

"Pembedaan warna ini adalah kasat mata, contohnya nanti bisa dibuat aturan, mengenai KTP-el milik WNA adalah yang berwarna pink. Jadi, ketika WNA tersebut membawa identitas, warga pribumi sudah bisa melihat bahwa KTP-el tersebut adalah milik asing," katanya dalam sebuah penyataan resmi.

Setelah itu, ia menjelaskan perlu adanya sosialisasi untuk menjelaskan peraturan tersebut kepada masyarakat, sampai kepada tingkat penyelenggara RT dan RW di seluruh wilayah Indonesia.

Legislator Fraksi Partai Golkar itu menyampaikan, jika nanti peraturan turunan tersebut sudah dibuat oleh pemerintah, KPU juga harus menyesuaikan untuk menyempurnakan Peraturan KPU.

PKPU harus menjelaskan, bahwa warga negara yang mempunyai hak suara itu adalah warga negara Indonesia yang bukan pemegang KTP-el asing.

Penjelasan tersebut harus secara rinci, agar nantinya tidak menjadi perdebatan di tingkat tataran pelaksana.

Firman juga menyinggung, Panwaslu harus meningkatkan fungsi pengawasan, karena DPR RI sudah memberikan anggaran kepada Panwaslu, maka Panwaslu harus diberikan regulasi khusus.

"Panwaslu harus diberikan hak untuk menginterogasi, bilamana ada indikasi adanya WNA yang menggunakan ... Baca halaman selanjutnya