Antisipasi Pelanggaran Kampanye, Bawaslu Pesisir Selatan Pantau Acara BRI Mandeh Run

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan mengawasi kegiatan BRI Mandeh Run yang digelar di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Minggu 3 Maret 2019 besok.

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tidak adanya pelangaran pemilu selama kegiatan tersebut.

"Tidak ada indikasi pelanggaran, di sini kami melakukan pengawasan dalam bentuk semangat pencegahan," katanya Sabtu 2 Maret 2019.

Baca Juga

Ia menjelaskan, pencegahan dalam kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan amanat UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dimana ditegaskan dalam pasal 548.

Aturan itu menjelaskan bahwa setiap orang yang menggunakan anggaran pemerintah, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, pemerintah desa atau sebutan lainnya.

Selain itu badan usaha milik desa untuk disumbangkan atau diberikan kepada pelaksana kampanye sesuai pasal 339 ayat 4, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan pidana denda paling banyak Rp1 miliar.

"Mengacu aturan ini, kita mengantisipasi ada kegiatan kampanye yang bisa dimanfaatkan, dan untuk memastikan sudah kami sampaikan kepada Kepala Cabang BRI Painan, sesuai kewenangan kami," terangnya.

Ia melanjutkan untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk ikut mengawasinya, terutama untuk terciptanya penyelenggaran pemilu jujur dan adil.

"Kepada masyarakat, kami juga mengharapkan kerjasamanya. Jika ada indikasi pelanggaran, segara lapor, kami siap untuk menindaknya," pungkasnya kemudian.

Diketahui penyelenggaraan BRI Mandeh Run akan resmi digelar Minggu 3 Maret 2019. Kemeriahan kegaiatan direncanakan, bakal di hadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya serta sejumlah pebajat daerah yang ada di Sumatera Barat.

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa