Slank, Selamanya Suara Anak Muda

"" Look kami saja yang berbeda, tetap rock and roll. Wajah boleh tua, kelakuan tidak boleh tua,” ujar Kaka."
Slank, satu satu band tersebar di Indonesia bakal menggelar konser bersama Shopee 31 Maret nanti (net)

KLIKPOSITIF-Tahun ini Slank akan berumur 36 tahun. Dalam kurun usia itu puluhan album telah mereka lahirkan. Musik Slank juga telah menembus panggung internasional, mereka membuat film biopic dan meraih segudang penghargaan musik bergengsi. Di tanah air, lagu-lagu Slank menjadi penggerak massa. Tidak banyak band yang bisa menyamai apa yang telah dicapai Slank. Sebuah perjalanan panjang yang menjadikan musik Slank sebagai suara zaman yang bergaung hingga hari ini.

Dari gang-gang sempit bernama Potlot di kawasan Duren tiga, Jakarta Selatan, band dengan basis massa terbesar di Indonesia menghembuskan nafas pertamanya. Dari Potlotlah lagu-lagu berisi semangat kebebasan milik Slank merambat hingga ke seluruh penjuru nusantara.

Pada 1983 Slank dengan formasi awal terbentuk. Namun baru pada 1990 album perdana mereka dirilis. Pada dekade pertamanya Slank berjibaku mencari formula yang tepat untuk musik, termasuk anggota band yang keluar masuk-silih berganti. Keseriusan mereka dalam berkarya langsung diganjar penghargaan prestisius. Album pertama Slank Suit – Suit… He-He…menjadi album rock dengan penjualan terbaik tahun 1990 – 1991 dalam BASF Awards.

Slank kemudian tampil sebagai representasi anak muda. Lirik dalam lagu-lagu mereka yang jujur dan terkesan ringan membuat lagu Slank diterima di mana saja. Lewat musik, Slank bicara persoalan yang lekat dengan berbagai lapisan masyarakat. Terlalu Manis misalnya, akan menjadi lagu cinta Slank yang akan dinyanyikan sepanjang massa. Lewat lagu ini, Slank yang dikenal dengan citra urakan dan slenge’an memperlihatkan sisi romantisme yang dalam.

Tumbuh dalam putaran tiga babak besar dalam sejarah Indonesia membuat materi musik Slank matang sesuai porsinya. Lahir pada era Orde Baru, Slank merespon perubahan lewat musik ketika era reformasi perlahan dimulai. Tong Kosong, barangkali salah satu karya Slank yang mengkritik dengan jelas. Di era reformasi ... Baca halaman selanjutnya