Lipat Surat Suara, KPU Pessel Kerahkan 348 Tenaga Masyarakat

"Pelipatan surat suara ini ditargetkan selesai selama 6 hari"
Suasana pelipatan surat suara di Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memulai pelipatan dan penyortiran surat suara pemilu, dengan melibatkan 348 tenaga masyarakat, Senin 4 Maret 2019.

"Sesuai jadwal pelipatan hari tadi, kami bekerjasama dengan melibatkan sebanyak 348 tenaga masyarakat. Karena sesuai kebutuhan jumlah surat suara kita terhitung banyak," kata Epaldi Bahar kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, untuk pelipatan surat suara di Kabupaten Pesisir Selatan dipusatkan di Gor Zeini Zein Painan, dengan melipat dan menyortir sebanyak ribuan surat suara dalam 2.875 unit box penyimpanan.

"Terbagi untuk Pilpres sebanyak 169 boks, DPD RI sebanyak 676 boks , DPR RI 676 boks, DPRD provinsi 676 boks dan DPRD kabupaten sebanyak 678 boks. Jumlah untuk satu boks Pilpres, sebanyak 2.000 surat suara dan lainnya 500 surat suara," sebutnya

"Alhamdulillah, untuk hari pertama ini, kondisinya tertib dan aman," terangnya.

Menurutnya, untuk pelipatan dan penyortiran surat suara Pesisir Selatan sendiri, pihaknya menargetkan sampai enam hari ke depan, sesuai tahapan dan kecepatan dalam pelipatan surat suara yang dilakukan.

"Target kami Jumat dan Sabtu depan sudah selesai, tapi karena pelipatan tergantung kecapatan, kita lihat nanti hasilnya," terangnya.

[Kiki Julnasri]