Perusahaan di Tiongkok Ini Izinkan Karyawan yang Bad Mood untuk Libur

"karyawan hanya perlu memberi tahu atasan bahwa mereka bad mood atau sedang dalam suasana hati yang buruk"
ilustrasi bad mood (net)

KLIKPOSITIF -- Pernahkah saat bangun tidur, kamu merasa sedih atau marah? Yap, bad mood saat memulai hari tentu memengaruhi kinerja di kantor. Alhasil kerjaan pun menjadi tidak beres. Di sisi lain, kamu pasti ingin tinggal di rumah, melakukan apa pun yang kamu mau untuk menghibur sedihmu.

Nah, sebuah perusahaan di Cina memiliki cara yang sangat unik untuk menjaga kesejahteraan karyawannya.
Melansir dari worldofbuzz, karyawan hanya perlu memberi tahu atasan bahwa mereka bad mood atau sedang dalam suasana hati yang buruk, mereka akan diizinkan untuk mengambil cuti hari itu.

Mereka juga tidak diwajibkan untuk memberikan alasan panjang lebar. Perusahaan Taman Dinosaurus Cina telah menetapkan satu hari libur per bulan untuk semua karyawan agar mereka dapat bersantai dan kembali bekerja dengan semangat tinggi.

Tuan Chen, pemimpin perusahaan tersebut menjelaskan bahwa sebagian besar waktu, karyawan harus berurusan dengan para pelanggan di taman. Ia percaya hal ini bisa memengaruhi mereka secara negatif.

Jadi ada kebijakan cuti untuk menunjukkan bahwa perusahaan peduli pada pekerjaannya dan mencintai karyawannya. Awalnya, para pekerja hanya diizinkan untuk mengambil istirahat pendek setiap hari untuk menenangkan diri mereka.

Tetapi perusahaan kemudian memutuskan untuk memberi mereka cuti satu hari per bulan untuk menghilangkan stres. Menurutnya, karyawan yang bahagia pasti akan berkontribusi lebih banyak kepada perusahaan.

Tan Sri Tony Fernandes pernah berkata, seperti dikutip oleh BBC, "Karyawan datang nomor saru, pelanggan datang nomor dua. Jika anda memiliki tenaga kerja yang bahagia, mereka akan menjadi pelanggan anda."

Wah, menurutmu gimana nih kalau ini terjadi di Indonesia? (*)

sumber: HiMedik