Positifers, Ini Prosedur yang Harus Diikuti Jika Ingin Magang ke Jepang

"Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat mulai sekarang hingga 29 Maret 2019"
Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat mulai sekarang hingga 29 Maret 2019 (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Program magang ke Jepang gelombang pertama tahun 2019 kembali di buka. Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat mulai sekarang hingga 29 Maret 2019. Untuk pendaftaran tahap pertama ini akan melaksanakan seleksi pada tanggal 1 s/d 5 April 2019.

Kepala seksi pelatihan kerja Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat Rina Adyanti mengatakan pendafataran sudah bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat. "Untuk pendaftaran gelombang pertama ini akan kita buka hingga 29 Maret 20919 dengan seleksi tahap pertama pada April 2019," katanya saat dihubungi Selasa, 5 Maret 2019.

Ia mengatakan untuk bisa magang ke Jepang ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh peserta magang sebelum sampai ke Jepang. Tahapan itu melalui seleksi yang dinilai langsung oleh pihak dari Kementerian Ketenagakerjaan RI dan IMJapan. "Kita dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi hanya sebagai fasilitator dalam program ini, sedangkan untuk penilaian siapa yang pantas dan berhak bekerja di Jepang dinilai langsung oleh kedua pihak itu," katanya.

Dalam proses seleksi, tahap pertama yang dilalui oleh peserta yakni seleksi administrasi. Setelah seleksi administrasi, langkah selanjutnya yang harus dilalui oleh peserta yakni tes awal yang mengikuti empat tahapan, yakni

1. Minimal lulusan SLTA atau sederajat
2. Laki-laki, usia minimal 19 tahun 6 bulan dan maksimal 26 tahun saat tes seleksi dan bagi lulusan jurusan SMK Teknik/Bangunan minimal 18 tahun.
3. Lulus Check Administrasi (Kelengkapan dan keaslian dokumen persyaratan peserta
4. Lulus Tes Matematika (Pembagian, penjumlahan dan Perkalian
5. Lulus Tes Kesemaptaan Tubuh (Tinggi badan minimal 160 cm, berat minimal 50 kg, tidak ada tato/bekas tato, tindik/bekas tindik dan disfungsi organ tubuh lainnya.
6. Lulus Tes ... Baca halaman selanjutnya