Positifers, Ini Prosedur yang Harus Diikuti Jika Ingin Magang ke Jepang

Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat mulai sekarang hingga 29 Maret 2019
Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat mulai sekarang hingga 29 Maret 2019 (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Program magang ke Jepang gelombang pertama tahun 2019 kembali di buka. Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat mulai sekarang hingga 29 Maret 2019. Untuk pendaftaran tahap pertama ini akan melaksanakan seleksi pada tanggal 1 s/d 5 April 2019.

Kepala seksi pelatihan kerja Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat Rina Adyanti mengatakan pendafataran sudah bisa dilakukan langsung ke dinas nakertrans provinsi dan dinas ketenagakerja di kab/kota setempat. "Untuk pendaftaran gelombang pertama ini akan kita buka hingga 29 Maret 20919 dengan seleksi tahap pertama pada April 2019," katanya saat dihubungi Selasa, 5 Maret 2019.

baca juga: Jumlah Infeksi COVID-19 Menurun, Jepang Bakal Cabut Status Darurat

Ia mengatakan untuk bisa magang ke Jepang ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh peserta magang sebelum sampai ke Jepang . Tahapan itu melalui seleksi yang dinilai langsung oleh pihak dari Kementerian Ketenagakerjaan RI dan IMJapan. "Kita dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi hanya sebagai fasilitator dalam program ini, sedangkan untuk penilaian siapa yang pantas dan berhak bekerja di Jepang dinilai langsung oleh kedua pihak itu," katanya.

Dalam proses seleksi, tahap pertama yang dilalui oleh peserta yakni seleksi administrasi. Setelah seleksi administrasi, langkah selanjutnya yang harus dilalui oleh peserta yakni tes awal yang mengikuti empat tahapan, yakni

baca juga: Patenkan Desain Baru, Honda Disebut Produksi Generasi Baru Honda Monkey

1. Minimal lulusan SLTA atau sederajat
2. Laki-laki, usia minimal 19 tahun 6 bulan dan maksimal 26 tahun saat tes seleksi dan bagi lulusan jurusan SMK Teknik/Bangunan minimal 18 tahun.
3. Lulus Check Administrasi (Kelengkapan dan keaslian dokumen persyaratan peserta
4. Lulus Tes Matematika (Pembagian, penjumlahan dan Perkalian
5. Lulus Tes Kesemaptaan Tubuh (Tinggi badan minimal 160 cm, berat minimal 50 kg, tidak ada tato/bekas tato, tindik/bekas tindik dan disfungsi organ tubuh lainnya.
6. Lulus Tes Ketahanan Fisik (Lari 3 km waktu di bawah 15 menit, push up 35 kali dan sit up 25 kali
7. Lulus Wawancara (Performance, wawasan tentang program magang , kemampuan verbal, dan lainnya.
8. Lulus Medical Check Up (Cek darah, urine, mata, feses, paru-paru, narkoba, asam urat, ginjal, HIV/AIDS, dan lainnya
9. Lulus Tes Bahasa Jepang (Tes Bahasa Jepang tidak menggugurkan, dapat diulang hingga 3 kali tes.

Tes dilakukan dengan sistem gugur. "Jika peserta tidak lulus di tahap pertama, maka tida bisa mengikuti tahap berikutnya. Keempat tahap itu dilaksanakan di Padang. Jika semua tahap dilalui dengan baik, maka peserta akan mengikuti training selanjutnya di Lembang Jawa Barat dengan mengikuti kelas intensif, baik bahasa, medical check up, dan proses wawancara selanjutnya dari perusahaan yang ingin ditempati," jelasnya.

baca juga: Toyota Rilis Wajah Baru Harrier

Untuk penerimaan magang ke Jepang tahun 2019, ada dua gelombang penerimaan, yakni Maret dan November. Jadi bagaimana Positifers, Anda berminat?

Penulis: Fitria Marlina