Bawaslu Tegur KPU Padang Soal Pelipatan Surat Suara, Ada Apa?

"Ketakutannya kalau tidak disortir, nanti kalau ada bercak dalam surat suara, KPU juga nanti yang bermasalah. Kami sebagai pengawas sudah sampaikan itu"
Komisioner Bawaslu Kota Padang Firdaus Yusri usai Rapat Rapat Sentra Gakkumdu dalam rangka Pendalaman dan Pemantapan Unsur - unsur Tidak Pidana dalam Pemilu 2019, Rabu (6/3) di Hotel HW Padang. (KLIKPOSITIF/ Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang untuk selektif dalam melipat surat suara. Sebab dari beberapa hari pengawasan yang dilakukan Bawaslu masih ada yang belum teliti.

Komisioner Bawaslu Kota Padang Firdaus Yusri menyampaikan, selama empat hari pengawasa tenaga yang dipekerja KPU hanya kecenderungan lipat saja. Padahal seharusnya sesuai SOP harus di sortir dulu.

"Sepanjang hari pertama kami lihat ada asal-asalan dalam pelipatan suarat suara ini," katanya disela-sela Rapat Sentra Gakkumdu dalam rangka Pendalaman dan Pemantapan Unsur - unsur Tidak Pidana dalam Pemilu 2019, Rabu (6/3) di Hotel HW Padang.

Melihat kondisi itu, Bawaslu menyampaikan dan memberikan beberapa rekomendasi kepada KPU. Selain Rekomendasi pada hari ke dua pelipatan suarat suara, Bawaslu juga langsung melakukan rapat bersama dengan KPU untuk memperbaiki cara kerja dalam pelipatan surat suara.

"Ketakutannya kalau tidak disortir, nanti kalau ada bercak dalam surat suara, KPU juga nanti yang bermasalah. Kami sebagai pengawas sudah sampaikan itu," tegasnya.

Selama pengawasan pihaknya melakukan pengawasan terhadap proses pelipatan suara yang dilakukan KPU Padang untuk memastikan proses peyortiran dan pelipatan suara berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Mulai dari petugas pelipatan tidak diperbolehkan membawa telepon seluler, dompet, tas dana alat-alat yang tidak diperbolehkan,” kata dia.

Kemudian di tempat melipat surat suara di gudang Kurao ditemukan dua pack surat suara ada Dapil Puah Kuranji padahal seharusnya disitu lokasi melipat Dapil Nanggalo, Padang Utara, dan Padang Barat.

"Semua temuan kami rekomendasikan kepada KPU agar pelipatan surat suara berjalan lancar sesuai SOP," tukasnya.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, melipat sebanyak 604.007 surat suara untuk ... Baca halaman selanjutnya