Tahun Politik, Wagub Sumbar Minta Kesbangpol Kerja Ekstra

"Isu dan dinamika yang terjadi dilapangan harus disikapi dengan baik oleh Kesbangpol. "
Wagub Sumbar Nasrul Abit (Joni Abdul Kasir/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul meminta Kesbangpol se Sumatera Barat (Sumbar) untuk lebih bekerja ekstra di tahun politik ini. Pasalnya banyak isu berkembang, hoaks, bahkan hal kecil bisa berujung kepada konflik sosial.

"Isu dan dinamika yang terjadi dilapangan harus disikapi dengan baik oleh Kesbangpol. Kemudian perlu juga diwaspadai ancaman terhadap sosial budaya melalui disinformasi," ujarnya, Rabu, 6 Maret 2019.

Menurutnya, pemberitaan hoaks isu yang meresahkan masyarakat, semua itu jika tidak terawasi dengan baik bisa membawa pada suasana yang tidak kita inginkan. Disini peran dan fungsi kesbangpol merangkul semua pihak, menelusuri berbagai hal yang dicurigai tidak benar.

"Aparat kesbangpol kadang juga mesti memantau lebih dekat realitas yang ada di lapangan, dan dilaporkan kepada pimpinan untuk mendapatkan solusi serta keputusan yang tepat mengatasi masalah yang terjadi tersebut dari kepala daerah, ujar Nasrul.

Selain isu politik saat ini beberapa isu yang meresahkan masyarakat adalah persoalan perbatasan antar provinsi, antar kabupaten kota, persoalan lahan atau sumber daya alam. Serta Maraknya kasus maksiat, tingginya penyalahgunaan narkoba khusus di kalangan pelajar generasi muda, masalah politik maupun sara.

"Dari kesemua itu perlu diwaspadai, diantisipasi, direspon sehingga dapat dicegah secara dibaik, cermat dan teliti, pintanya.

(Joni Abdul Kasir)