Percikan Api Gorengan Hanguskan Satu Rumah di Kota Solok

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut"
Petugas tengah memadamkan api yang membakar rumah di Kota Solok (Istimewa)

KOTA SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kebakaran menghanguskan satu bangunan runmah di Jalan Adityawarman, Keluragan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Kamis 7 Maret 2019 siang WIB.

Tidak hanya bangunan rumah, kejadian ini juga menghanguskan satu toko yang menyatu dengan bangunan rumah milik Aziz Hendra (61) tersebut.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Solok, ORI Affilo mengatakan, kejadian kebakaran ini berlangsung cepat. Pihaknya menduga, api berasal dari aktifitas penggorengan di dalam rumah.

Pasalnya, menurut penelusuran petugas pemadam kebakaran, sebelum kebakaran, anak dari pemilik rumah sedang memasak.

"Dari laporan yang kita terima, siang itu anak korban tengah memasak dan terjadi percikan api dan seketika langsung membesar dan membakar bangunan rumah," katanya.

Kejadian ini lantas menyita perhatian warga yang kemudian ikut membantu pemadaman bersama 7 unit kendaraan pemadam kebakaran yang datang ke lokasi.

"5 unit mobil damkar kota Solok dan 2 unit mobil damkar kabupaten Solok dikerahkan untuk memadamkan api di kawasan padat tersebut," ulas ORI Affilo.

Beruntung api cepat dilokalisir oleh petugas dan tidak merembet ke bangunan lainnya, namun rumah korban sekaligus toko semi permanen itu hangus menjadi puing akibat mengganasnya api. Kedua anak korban bahkan sempat dievakuasi warga ke rumah dinas Wawako Solok.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian materil ditaksir mencapai seratus juta lebih. Hingga kini, petugas masih menyelidiki musibah kebakaran tersebut.

[Syafriadi]