Kebakaran Hanguskan Satu Musala Tua di Sijunjung

"Api merambat ke seluruh bagian Surau Lamo karena dindingnya berbahan kayu "
Petugas memadamkan api yang melahap bangunan musala (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Satu bangunan musala tua terbakar di Jorong Parak Gadang, Nagari Pematangpanjang, Kecamatan Sijunjung, terbakar pada Kamis 7 Maret 2019 sekira pukul 13.50 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, musala berukuran 8x12 meter persegi tersebut, masyarakat setempat menyebutnya Surau Lamo.

Surau Lamo ini terletak bersebelahan dengan Surau Baru dengan bangunan permanen yang pengerjaannya masih dalam tahap finishing atau lebih dikenal musala Nurul Hidayah. 

Beruntung dalam peristiwa tersebut api tidak melahap bangunan musala Nurul Hidayah. Api hanya menjilati sedikit bagian atap.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja-Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung, Sidiyanto mengatakan, api merambat ke seluruh bagian Surau Lamo karena dindingnya berbahan kayu yang mudah terbakar.

"Sebelum mobil pemadam datang, masyarakat sudah berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk memadamkan api," katanya, Kamis 7 Maret 2019.

Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir sebesar Rp30 juta. "Dugaan sementara karena korsleting listrik. Api dapat dipadamkan bersama masyarakat dan kami menurunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Muaro dan Tanjung Gadang," tuturnya.

[Muhammad Haikal]