Ledakan Kompor Gas Hanguskan 5 Rumah di Pasaman Barat

"Tiga rumah di antaranya merupakan bangunan yang terbuat dari kayu "
Warga memadati lokasi kebakaran di Pasaman Barat (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Lima unit rumah hangus dilahap sijago merah di belakang Pasar Simpang Empat, Jorong Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, sekitar pukul 16.00 WIB, Sabtu 9 Maret 2019.

Tiga rumah di antaranya merupakan bangunan yang terbuat dari kayu dan sisanya bangunan semi permanen yang mudah terbakar.

Kapolsek Pasaman, AKP Dedy Adriansyah mengatakan, kebakaran ini terjadi diduga akibat ledakan kompor gas dari salah satu rumah. Api dari ledakan itu kemudian menyambar bangunan lain yang ada di sekitarnya.

"Kompor gas yang meledak itu berasal dari salah satu rumah yang merupakan milik dari Radali," katanya. Diketahui, adapun empat rumah lainnya merupakan milik Siti Aminah (40), Inil (40), Siti Aisyah (65) dan Meri (38).

Akibat kejadian ini, Dedy menyebut salah satu penghuni rumah mendapatkan luka bakar di bagian tangan dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Korban tersebut diketahui bernama Kiki (40).

Untuk penanganan kebakaran, warga yang ada di lokasi sempat memadamkan api dengan cara konvensional, dan kemudian dibantu oleh satu unit pemadam dan satu unit kendaraan Water Canon milik Polres Pasaman Barat.

"Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian, atau sekitar pukul 17:00 WIB," pungkas Dedy kemudian. Untuk kerugian, pihaknya memprediksi kerusakan materil mencapai Rp400 juta.

[Irfan Pasaribu]