Ikut Kampanye, Empat Kepala Daerah di Sumbar Ajukan Cuti

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Empat kepala daerah di Sumatera Barat ( Sumbar ) mengajukan cuti untuk berkampanye dalam pemilu 2019 . Izin tersebut telah diterima oleh Biro Pemprov Sumbar

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Iqbal Rama Dipayana menjelaskan, keempat kepala daerah tersebut yakni Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengajukan cuti tanggal 8 Maret 2019, kemudian Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengajukan cuti 6 Maret 2019. 

baca juga: Pemerintah Akan Lanjutkan Pembenahan Infrastruktur Pendidikan di Politeknik Negeri Padang dan Kampus Lainnya

Selanjutnya Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengajukan cuti tanggal 5 Maret 2019, kemudian Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi tanggal 20 Februari 2019. 

"Baru empat kepala daerah di Sumbar yang mengajukan cuti untuk kampanye pada pemilu 2019 ini," katanya, 9 Maret 2019. 

baca juga: Kabar Baik, Bukittinggi Sudah 12 Hari Tanpa Tambahan Kasus COVID-19

Selanjutnya, kata Iqbal, pengajuan cuti akan diproses untuk ditandatangani oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. 

"Empat Kada ini sudah keluar izinnya. Limapuluh Kota dan Payakumbuh sekitar sebulan lalu mereka mengajukan izin," tukasnya. 

baca juga: Pemko Bukittinggi Perpanjang Pasar Sementara di Jalan Soekarno-Hatta

Untuk diketahui, dua kepala daerah , yakni Kota Padang da Payakumbuh merupakan Walikota yang usung partai keadilan sejahtera (PKS).

Sementara Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota) dan Yuswir Arifin (Bupati Sijunjung) termasuk dari 10 kepala daerah yang mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Makruf Amin. 

baca juga: Legislator Kritik Syarat Pengajuan Calon Kepala Daerah pada Draft RUU Pemilu

Tentunya kampanye mereka untuk calon presiden dan wakil presiden serta partai politik pengusung mereka menjadi kepala daerah

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa