Kabar Gembira! Kegiatan Pramuka di Sumbar akan Ditanggung APBD

"Pramuka juga mengajarkan arti pentingnya pendidikan yang membentuk karakter"
Wagub Sumbar, Nasrul Abit (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang juga Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 gerakan Pramuka Sumbar, Nasrul Abit meminta kepada seluruh Bupati/ Walikota di Sumbar untuk lebih peduli terhadap gerakan Pramuka.

Apalagi kepala daerah merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) untuk lebih peduli terhadap gerakan pramuka.

“Untuk lebih mempertegas hal ini, kami akan membuat surat yang akan di tanda tangani oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabinda) Gerakan Pramuka Sumbar, Bapak Irwan Prayitno (Gubernur Sumbar),” sebutnya saat menghadiri rapat andalan paripurna daerah Kwarda 03 di gedung gerakan pramuka Kwarda 03, Minggu, 10 Maret 2019.

Diperjelas oleh Nasrul Abit, dalam surat tersebut nantinya juga akan tertulis tentang dukungan anggaran untuk Pramuka.

“Kita rasa tidak ada masalah jika gerakan pramuka didukung dari anggaran APBD, karena diperboleh oleh aturan, yaitu pada pasal 43, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka” jelasnya.

Nasrul Abit mengatakan, mengapa Pramuka harus menjadi salah satu prioritas bagi setiap daerah, karena Pramuka bisa membentuk karakter, terutama generasi muda.

“Pramuka juga mengajarkan arti pentingnya pendidikan yang membentuk karakter. Pendidikan karakter pramuka juga lebih di tekankan dan bersifat kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas dan kebersamaan” ungkapnya.

Jika Pramuka dapat dilaksanakan maksimal setiap daerah, maka yang akan terbantu tentunya pemerintah daerah tersebut juga.

“Saat ini, permasalahan yang banyak terjadi di masyarakat kita seperti LGBT, penyalah gunaan obat-obat terlarang dan ngebut-ngebutan di jalan, banyak yang menjadi korban adalah generasi muda. Permasalahan tersebut bisa teratasi dengan adanya Pramuka yang berjalan dengan maksimal,” katanya.

[Joni Abdul Kasir]