Satu Malam Polres Payakumbuh Amankan Tiga Pengedar Sabu, Ada yang Miliki Senjata Api

Pengkapan tersangka AH oleh Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Latina, Senin (11/3) dini hari
Pengkapan tersangka AH oleh Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Latina, Senin (11/3) dini hari (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Dalam satu malam, Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh mengamankan tiga tersangka yang diduga pengedar narkoba jenis sabu di tiga lokasi berbeda di Kota Batiah itu, proses penangkapan dilakukan dari Minggu (10/3) malam sampai Senin (11/3) dini hari.

Dari hasil penangkapan itu, diketahui satu orang diantaranya memiliki senjata api rakitan jenis revolver lengkap dengan tiga butir peluru di dalamnya.

Tersangka pertama yang dibekuk adalah RN (22), seorang juru parkir yang diamankan di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Ibuh Kecamatan Payakumbuh Barat pada Minggu (10/3) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Baca Juga

Dari tangan tersangka diamankan barang bukti berupa satu paket paket sabu yang dibungkus plastik bening, satu unit telepon genggam berwarna putih, satu unit sepeda motor jenis Force berwarna pink dan tanpa nomor polisi.

"Berdasarkan informasi kami mengetahui tahwa tersangka RN sering menjual narkotika jenis sabu di sekitar Jalan Subroto Kelurahan Ibuh. Berbekal informasi itu, tim kami melakukan penyelidikan dengan teknik under cover buy (menyamar sebagai pembeli) dan pada saat tersangka hendak menyerahkan narkotika jenis sabu tersebut kepada petugas yang menyamar kami langsung melakukan penangkapan," kata Kasat Resnarkoba Polres Payakumbuh, Iptu Zulhendri, Senin (11/3).

Dari penangkapan tersangka RN, Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh kemudian melakukan pengembangan kasus dan dari pengakuan RN diketahui kalau dirinya mendapatkan pasokan sabu dari rekannya, RH (31). Berbekal informasi tersebut tim langsung bergerak ke rumah RH di Jalan Pemuda Kelurahan Ibuh Kecamatan Payakumbuh Barat dan tersangka berhasil dibekuk, Senin (11/3) dini hari sekitar pukul 1.30 WIB.

"Dari penggeledahan di rumah RH didapati BB berupa sisa bekas sabu di dalam kaca pirex. Satu bong beserta peralatannya, uang tunai Rp300 ribu, dan satu unit HP berwarna putih," kata Iptu Zulhendri.

Tidak berhenti di dua tersangka itu, tim kembali melakukan penangkapan terhadap tersangka ketiga, AH (31). Penangkapan terhadap tersangka ketiga ini dilakukan di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Latina Kota Payakumbuh.

"Dari pengakuan RH, dia membeli narkoba dari AH yang merupakan warga Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota. Mendapati informasi itu tim kembali bergerak dan tersangka berhasil diamankan Senin (11/3) dini hari pukul 2.30 WIB di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Latina," terangnya.

Dari tangan AH diamankan satu paket sabu yang dibungkus plastik bening, satu pucuk senjata api rakitab jenis revelover beserta tiga butir peluru, satu unit HP warna putih, dan sepeda motor jenis Ninja RR tanpa nomor polisi.

"Penangkapan tersangka ketiga ini juga dengan teknik under cover buy. Tim menggunakan RH untuk memesan narkotika jenis sabu kepada tersangka AH dan ketika sudah disepakati transaksi yang bertempat di TKP 3, anggota Opsnal Resnarkoba sudah sembunyi di TKP 3 dan ketika tersangka AH yang datang mengendarai sepeda motor dan kemudian berhenti langsung dilakukan penyergapan," katanya.

"Tersangka AH sempat mengadakan perlawanan dengan mencoba mengambil senpi miliknya yang terselip di pinggang kanan. Dengan cepat senpi itu dapat dirampas oleh anggota Opsnal dan tersangka akhirnya bisa diamankan," katanya. [Taufik Hidayat Kampai]

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Eko Fajri