Tak Ada STTP, Kampanye Caleg DPRD Sumbar Dibubarkan di Pessel

"Pembubaran kampanye ini terjadi di Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggosari Baganti Pessel "
Kampanye yang dibubarkan di Kabupaten Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Bawaslu dan Kepolisian Pesisir Selatan, Sumatera Barat membubarkan kampanye salah satu calon anggota legislatif (caleg), karena tidak memiliki Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye, saat menggelar kampanye bersama warga di daerah itu.

Pembubaran kampanye ini terjadi di Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggosari Baganti Pessel pada Minggu (10/3) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Diketahui caleg yang melanggar aturan kampanye itu adalah caleg DPRD Sumbar dari PKS atas nama Mochklasin.

Ketua Panwascam Linggosari Baganti, Afriki Musmaidi menjelaskan, pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka serta rapat umum, wajib untuk menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada kepolisian dan ditembuskan ke Bawaslu, sebagaimana tertuang dalam pasal 27 ayat 1 dan pasal 29 ayat 1 serta pasal 43 Peraturan KPU Nomor 33 tahun 2018 Perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye.

"Saat itu yang bersangkutan mengadakan pertemuan dengan masyarakat sekitar 30 orang. Sesuai dengan aturan, karena tidak memiliki STTP, terpaksa kami bersama Kanit Intel Polsek Linggosari Baganti membubarkan kampanye itu," sebut Afriki Musmaidi saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, selain mengkampanyekan dirinya, ternyata yang bersangkutan juga membawa dan membagikan, bahan kampanye calon lain, yakni bahan kampanye Hermanto Caleg DPR-RI dari Partai yang sama dan Calon DPD RI Muslim M Yatim nomor urut 37.

"Tapi yang bersangkutan atasnama Hermanto dan Muslim Yatim sesuai bahan kampanye yang kami dapatkan tidak ikut kampanye,"terangnya.

Lanjutnya, pihak Panwascam didampingi Polsek setempat menasehati caleg bersangkutan, untuk dapat menaati aturan dan untuk selanjutnya melengkapi syarat dalam berkampanye sebelum menggelar kegiatan.

"Sesuai instruksi pimpinan, siapapun yang melanggar aturan akan kami tertibkan. Kami tidak pandang bulu ... Baca halaman selanjutnya