Maksimalkan Kinerja, Pemko Sawahlunto Jalin Kerjasama Dengan Unand Padang

"SDM yang mumpuni diharapkan memberikan arahan dan masukan dalam menetapkan kebijakan yang strategis"
Walikota Sawahlunto Deri Asta Bersama Rektor Universitas Andalas Tafdhil Husni (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Untuk memaksimalkan kinerja dalam bidang penelitian dan pengembangan, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto jalin kerjasama dengan Universitas Andalas (UNAND).

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan bahwa kerjasama tersebut menjadi payung hukum antara Pemko dengan UNAND.

"Ini dasar kita dalam menjalin kerjasama dengan UNAND. Kerjasama ini tentu sangat bagus potensinya, sebab di UNAND memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni terutama di bidang penelitian dan perencanaan," katanya di Balaikota Sawahlunto, Senin 11 Maret 2019.

"SDM yang mumpuni tersebut, diharapkan memberikan arahan dan masukan dalam menetapkan kebijakan yang strategis," imbuhnya.

Agar kerjasama itu manfaatnya dapat benar-benar terealisasi dan dirasakan masyarakat, Deri Asta menghimbau agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran Pemerintahan Desa (Pemdes) serta Kelurahan dapat menerjemahkan dengan baik kelanjutan kerjasama tersebut.

Sementara itu, Rektor UNAND Tafdhil Husni mengatakan, pihaknya selalu siap dalam untuk membantu kemajuan Pemerintah Kota Sawahlunto. Menurutnya, selama ini penelitian yang dihasilkan oleh UNAND sudah dipakai di berbagai pemerintahan di berbagai bidang.

"Kerjasama ini menunjukkan peran UNAND yang sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sudah kewajiban kami sebagai Perguruan Tinggi dalam mengamalkan Tri Dharmanya yakni, pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengembangan, kemudian pengabdian masyarakat. Fungsi inilah yang secara teknis kita jalankan, salah satunya melalui kerjasama dengan Pemko Sawahlunto ini," tuturnya.

[Muhammad Haikal]