Lion Air Hentikan Sementara Pengoperasian 10 Pesawat Boeing 737 MAX 8

"Belum dipastikan kapan pesawat ini akan terbang kembali"
Pesawat Boeing 737 Max 8 Lion Air (Dokumen Lion Air)

KLIKPOSITIF -- Sehubungan dengan surat edaran dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tentang penghentian sementara pengoperasian (temporary grounded) pesawat Boeing 737 MAX 8, Manajemen Lion Air menghentikan sementara pengoperasian 10 pesawat Boeing 737 MAX 8 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam rilisnya yang diterima klikpositif menyatakan, upaya tersebut dilakukan dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Dikatakannya, Lion Air melaksanakan standar operasional prosedur pengoperasian pesawat udara sesuai dengan aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat, termasuk pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, pelatihan awak pesawat.

Menurutnya, Lion Air akan selalu melaksanakan budaya keselamatan (safety culture) dalam setiap operasional penerbangan dan akan meminimalisir dampak dari keputusan ini agar operasional penerbangan dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu.

Untuk diketahui, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melarang terbang sementara pesawat terbang Boeing 737-8 MAX di Indonesia. Langkah ini diambil terkait jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines berjenis Boeing 737-8 MAX dioperasikan Ethiopian Airlines tujuan Naerobi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan, langkah tersebut diambil untuk menjamin keselamatan penerbangan di Indonesia. Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Ditjen Hubud adalah melakukan inspeksi dengan cara larang terbang sementara, untuk memastikan kondisi pesawat jenis tersebut laik terbang (airworthy) dan langkah tersebut telah disetujui oleh Menteri Perhubungan. (*)