Implementasikan Pembelajaran Berbasis Karakter, SD 20 Indarung Anjangsana ke Panti Asuhan Al-Falah

()

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk meningkatkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap anak panti, siswa-siswi SD Negeri 20 Indarung , Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, anjangsana ke Panti Asuhan Al-Falah, Koto Tangah, Padang.

Anjangsana yang dilakukan pada Sabtu, 9 Maret 2019 pagi itu, dipimpin oleh Iswardi yang merupakan guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri 20 Indarung . Dan kegiatan sosial tersebut, diikuti 64 siswa, walimurid, majelis guru dan Kepsek, Syafrial Efendi.

baca juga: Belajar Daring Tak Efektif di Siberut, Kendala Internet, Guru dan Siswa Tak Punya Smartphone

Dalam ajangsana itu, juga diserahkan bantuan untuk Panti Asuhan Al-Falah berupa pakaian bekas layak pakai, sembako dan ATK sekolah. Bantuan tersebut, diserahkan secara simbolis oleh perwakilan siswa-siswi SD Negeri 20 Indarung kepada anak asuh di Panti Al-Falah.

Iswardi mengatakan, sumbangan yang diserahkan ke pihak panti itu berasal dari siswa-siswi yang dikumpulkan jelang anjangsana ke Panti Asuhan Al-Falah, dan ia berharap agar sunbangan tersebut, bermanfaat bagi anak asuh di Panti Asuhan Al-Falah.

baca juga: Pemko Padang Siapkan Rencana PBM Saat New Normal

Ketua PMI Kecamatan Lubuk Kilangan itu juga menyampaikan bahwa anjangsana ke panti asuhan ini rutin dilakukan setiap tahun. Sebelumnya, anjangsama dilakukan ke Panti Asuhan Muhammadiyah dan Panti Asuhan Aisyiyah Kota Padang.

"Anjangsana ke panti asuhan ini merupakan amalan dari Ayat Suci Alquran (Qs. AL-Ma'un ayat 1-7), sekaligus bagian dari implementasi program pembelajaran berbasis karakter di sekolah," kata Iswardi kepada KLIKPOSITIF .com, Selasa, 12 Maret 2018.

baca juga: Pendaftaran Murid Baru Tingkat SD di Kota Padang Mulai 11 Juni, ini Syarat dan Caranya

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Padang itu juga berharap melalui anjangsana ke panti asuhan itu, maka ke depannya siswa-siswi SD Negeri 20 Indarung ini kelak bisa menjadi pribadi yang peduli terhadap sesama.

"Harapan kami anak-anak didik kami ini terus peduli kepada sesama, karena sejak usia dini mereka sudah dilatih dan diajarkan cara memupuk rasa kepedulian terhadap sesama, melalui kegiatan sosial ke panti asuhan tersebut," kata Iswardi.

baca juga: Pendaftaran SMP di Padang Dimulai 17 Juni, Ini Syarat dan Caranya

Sementara itu, perwakilan Panti Asuhan Al-Falah, Samsul Akmal, berterimakasih atas kunjungan sekaligus bantuan dari siswa-siswi SD Negeri 20 Indarung . Ia mengaku terharu atas kunjungan dan bantuan ya g diberikan oleh para pelajar SD tersebut.

Ia beraharap, sekolah lain di Kota Padang juga dapat melakukan hal yang sama dengan apa dilakukan oleh SD Negeri 20 Indarung tersebut, karena pendidikan karakter yang diajarkan ke sekolah itu tidak cukup dengan teori saja, tapi juga harus diimplementasikan langsung.

"Intinya, kami apresiasi pihak SD Negeri 20 Indarung , terutana para guru yang telah mengarahkan para siawa-siswinya untuk mengimplmentasikan pendidikan karakter di sekolah kepada anak-anak didiknya dengan mengunjungi panti kami," ujarnya.

"Mudah-mudahan, perbuatan baik ini menjadi ladang amal bagi. Kami doakan para pelajar SD Negeri 20 tersebut, terus menjadi pribadi yang baik hingga dewasa, sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya," imbuh Samsul.(*)

Penulis: Riki S